Penyajian yang menarik bantu tingkatkan minat anak konsumsi sayur

id makan sayur,penyajian menarik

Penyajian yang menarik bantu tingkatkan minat anak konsumsi sayur

Siswa menyantap makanan saat uji coba pelaksanaan program makan bergizi gratis di SDN 5 Sukasari, Kota Tangerang, Banten, Rabu (7/8/2024). ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/rwa. (ANTARA FOTO/SULTHONY HASANUDDIN)

Jakarta (ANTARA) -
Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Universitas Indonesia Dr dr. Luciana Sutanto MS, Sp.GK menyampaikan bahwa penyajian sayur secara menarik menjadi salah satu cara untuk meningkatkan minat anak-anak untuk mengonsumsi sayuran.

"Menyajikan sayur dalam bentuk atau warna yang menarik," kata Luciana kepada ANTARA di Jakarta, Jumat.

Luciana mengatakan, selain melalui bentuk dan warna yang menarik, penting juga untuk memasak sayur dengan tekstur yang dapat diterima oleh anak-anak.

Baca juga: Ini dampak negatif yang bisa terjadi jika anak kurang makan sayur

Menurut dia, para pemangku kepentingan termasuk dokter hingga tenaga kesehatan di Puskesmas atau pelayanan kesehatan lain dapat berkolaborasi memberikan penyuluhan kepada masyarakat dan orang tua terkait pentingnya mengonsumsi makanan bergizi misalnya sayuran.

Ia juga menekankan, edukasi sebaiknya berpedoman pada makan sehat dan pola makan gizi seimbang sesuai arahan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Bila perlu, sebaiknya terdapat orang dewasa misalnya guru, orang tua, atau petugas lain yang mendampingi dan makan bersama anak-anak.

Baca juga: Mi sayur bisa jadi alternatif bagi si kecil yang 'picky eater'

"Perlu edukasi untuk siswa pentingnya makan sayur, dan akan lebih baik jika ada orang tua murid di rumah juga mendukung dengan makan sayur," ujarnya.

Sebelumnya dilaporkan bahwa sejumlah daerah telah melakukan uji coba Makan Bergizi Gratis (MBG) yang merupakan program Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Periode 2024-2029.

Adapun program uji coba MBG tersebut sekaligus menjadi sarana edukasi bagi anak-anak tentang pentingnya pemenuhan gizi seimbang bagi tumbuh kembang mereka.

Baca juga: Cara ampuh buat anak suka makan sayur

Namun demikian, beberapa kali ditemui anak-anak yang tidak mau mengonsumsi sayur dan buah-buahan.

Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Jenderal TNI (Purn) Wiranto menerangkan pelaksanaan uji coba MBG merupakan langkah untuk mengidentifikasi berbagai permasalahan yang berpotensi muncul selama pelaksanaan program MBG di tingkat nasional nanti.

"Jadi hasil evaluasi dalam pelaksanaan uji coba akan dibawa ke tim pusat untuk dibahas dan dicarikan solusi, termasuk masukan dari berbagai pihak," ujar Wiranto.

Baca juga: Agar anak suka dan terbiasa makan sayur, berikut tipsnya