Pj Bupati Kapuas siap tindaklanjuti arahan Presiden RI, optimalkan pengendalian inflasi

id pemkab kapuas, penjabat bupati kapuas darliansjah, arahan presiden joko widodo, pertemuan ikn, ibu kota nusantara, kuala kapuas, kapuas

Pj Bupati Kapuas siap tindaklanjuti arahan Presiden RI, optimalkan pengendalian inflasi

Pj Bupati Kapuas Darliansjah menghadiri dan mendengarkan arahan Presiden Joko Widodo di IKN, Selasa (13/8/2024). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) -
Penjabat Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah Darliansjah menghadiri pertemuan bersama Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Ibu Kota Nusantara (IKN), Selasa (13/8).
 
Dalam arahannya, Presiden Joko Widodo meminta agar kepala daerah melakukan pengendalian inflasi secara efektif dan fokus di masing-masing daerahnya.
 
"Kami siap menindaklanjuti arahan presiden, agar pengendalian inflasi di Kapuas dapat dilakukan secara optimal," kata Darliansjah.

Baca juga: Tingkatkan jiwa kepemimpinan, Pramuka Kapuas gelar perkemahan penggalang

Baca juga: Caleg terpilih Kapuas hasil Pemilu 2024 dilantik 19 Agustus
 
Adapun berbagai langkah yang siap pihaknya lakukan dalam pengendalian inflasi, di antaranya melakukan percepatan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), sehingga daya beli masyarakat tinggi, terjadinya perputaran uang yang baik, serta penyerapan tenaga kerja.
 
"Berbagai kebijakan melalui program dan kegiatan siap kami jalankan untuk kendalikan inflasi. Tujuan utamanya adalah agar daya beli masyarakat tetap terjaga, masyarakat kita sejahtera," ujarnya.

Baca juga: DPMD Kapuas dukung Pemdes Tumbang Mangkutup aktif kelola hutan desa
 
Kemudian dalam kesempatan itu, presiden juga memberi arahan terkait pelaksaan Pilkada 2024 yakni agar kepala daerah memastikan ketersediaan anggaran maupun kecukupan personel pengamanan.
 
"Semua akan kami tindaklanjuti. Termasuk berkoordinasi lintas sektor, demi suksesnya pesta demokrasi Pilkada 2024, sehingga berjalan lancar dan aman," tuturnya.
 
Sementara itu dalam kegiatan ini, turut hadir sekitar 517 kepala daerah baik gubernur, bupati maupun wali kota se-Indonesia, mulai dari yang definitif ataupun penjabat.

Baca juga: Manfaatkan Faba, DPMD Kapuas gagas kerja sama desa dengan PT PLN

Baca juga: Disarpustaka Kapuas resmikan panggung perahu naga Bukit Ngelangkang

Baca juga: Empat Penjabat Bupati di Kalteng resmi dilantik