Tingkatkan jiwa kepemimpinan, Pramuka Kapuas gelar perkemahan penggalang

id Ketua Kwarcab Pramuka Kapuas, Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Suwarno Miriyat, Kwarcab Pramuka Kapuas, Kalteng

Tingkatkan jiwa kepemimpinan, Pramuka Kapuas gelar perkemahan penggalang

Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Kapuas, Suwarno Muriyat, meninjau kegiatan perkemahan Pramuka Penggalang, Senin (12/8/2024) sore. ANTARA/ All Ikhwan.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Suwarno Miriyat menyatakan bahwa pihaknya menggelar perkemahan Pramuka Penggalang dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-63 tahun 2024.

"Perkemahan itu juga sebagai upaya mengembangkan ketrampilan, semangat kebersamaan dan jiwa kepemimpinan di kalangan anggota Pramuka," kata Suwarno Muriyat, di Kuala Kapuas, Selasa.

Hal ini disampaikannya, saat membuka dan meninjau langsung kegiatan perkemahan Pramuka Penggalang yang berlangsung di halaman markas Kwarcab Pramuka kabupaten setempat, jalan Keruing Kuala Kapuas.

Suwarno yang juga menjabat Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) setempat ini, menyampaikan pentingnya kegiatan seperti ini untuk membentuk karakter generasi muda yang mandiri, disiplin, dan memiliki rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri, keluarga, dan bangsa.

"Kami juga mengapresiasi antusiasme para peserta yang menunjukkan semangat tinggi dalam mengikuti setiap rangkaian kegiatan," ucapnya.

Selain itu, perkemahan ini juga dijadikan sebagai ajang untuk meningkatkan kemampuan kerjasama dan komunikasi antar sesama anggota Pramuka. Dengan adanya berbagai kegiatan kelompok, para peserta diharapkan dapat belajar bekerja sama, menghargai pendapat orang lain, dan memecahkan masalah secara kolektif.

Di akhir kegiatan, para peserta memberikan kesan dan pesan mereka mengenai perkemahan ini, yang sebagian besar merasa senang dan mendapatkan banyak pengalaman berharga.

Baca juga: DPMD Kapuas dukung Pemdes Tumbang Mangkutup aktif kelola hutan desa

Kegiatan ini berlangsung meriah dan diikuti oleh ratusan anggota Pramuka dari berbagai sekolah di Kabupaten Kapuas. Dengan semangat kebersamaan dan persaudaraan, para peserta perkemahan menjalani berbagai aktivitas yang edukatif dan menantang, seperti lomba keterampilan kepramukaan, kegiatan penjelajahan alam, serta diskusi mengenai pentingnya semangat kepramukaan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang perayaan Hari Pramuka, tetapi juga sebagai sarana untuk menanamkan nilai-nilai kepramukaan yang akan terus dibawa oleh para generasi muda ke masa depan.

Baca juga: Disarpustaka Kapuas resmikan panggung perahu naga Bukit Ngelangkang

Baca juga: Manfaatkan Faba, DPMD Kapuas gagas kerja sama desa dengan PT PLN

Baca juga: DPMD Kapuas dukung kerja sama pengelolaan perpustakaan dan kearsipan desa