Kwarcab Pramuka Kapuas pastikan ikuti Rainas XII

id Kwarcab Pramuka Kapuas pastikan ikuti Rainas XII, kalteng, kapuas

Kwarcab Pramuka Kapuas pastikan ikuti Rainas XII

Usai acara pelepasan di halaman Kantor Bupati Kapuas, peserta Rainas XII Kwarcab Pramuka Kapuas, melakukan foto bersama, Jumat (11/8/2023). ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, memastikan diri mengikuti Raimuna Nasional (Rainas) XII di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta pada 14 -21 Agustus 2023.

“Harapan kami Raimuna ini bisa menjadi media atau sarana untuk kontingen pramuka Kapuas bersilahturahmi, berbagi informasi dan menyerap pengetahuan dari kontingen lainnya,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kapuas, Septedy di Kuala Kapuas, Sabtu.

Septedy berharap anggota Pramuka bisa memberikan kontribusi bagi pembangunan di Kabupaten Kapuas, khususnya yang nantinya diprogramkan oleh Kwarcab Gerakan Pramuka Kapuas.

Hal itu disampaikannya, setelah melepas dan training center peserta Raimuna Nasional XII Kwartir Cabang Pramuka kabupaten setempat di halaman kantor Bupati Kapuas Jalan Pemuda Kuala Kapuas.

"Jaga selalu sportivitas dan nama baik Kabupaten Kapuas, serta kekompakan dan kesehatan di tingkat nasional nantinya," pesan Septedy.

Baca juga: Puluhan anak usia dini unjuk bakat meriahkan HAN di Kapuas

Sementara itu, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Kapuas, Suwarno Muriyat, mengatakan pihaknya mengikutsertakan sebanyak 18 orang putra putri untuk mengikuti Raimuna Nasional XII di Cibubur.

“Sebanyak 18 orang ini merupakan perutusan dari gugus depan dan kwartir ranting se Kabupaten Kapuas,” kata Suwarno Muriyat.

Selama satu minggu Raimuna Nasional dilaksanakan, kontingen Kapuas nantinya akan berbaur dengan pramuka penegak dan pendega se Indonesia untuk saling berbagi pengetahuan, informasi, keterampilan dan lainnya.

“Baik itu scouting skill maupun life skill. Dengan kegiatan ini mereka diharapkan memiliki kemampuan yang akan ditingkatkan untuk menjadi sumber daya manusia di Kapuas khususnya,” harapnya.

Ditambahkannya, diharapkan juga setelah kembali dari Raimuna Nasional XII di Cibubur, menjadi pioner di Gudep dan Kwatir Ranting membangun semangat bagi peserta lain.

"Sebelum berangkat, para peserta sudah diberikan pelatihan dan  pengetahuan di Sanggar Pramuka jalan Keruing Kuala Kapuas," demikian Suwarno.

Baca juga: DPRD Kapuas sampaikan tiga nama untuk menjadi pj bupati

Baca juga: Distan Kapuas bagi-bagi bendera kepada pengendara

Baca juga: Berkas perkara mantan bupati Kapuas dan istri dilimpahkan ke Tipikor Palangka Raya