Pemkab Kapuas susun DED pembangunan Pariwisata Pulau Telo

id Sekretaris Daerah Kapuas, Sekda Kapuas, Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Septedy, Kalteng

Pemkab Kapuas susun DED pembangunan Pariwisata Pulau Telo

Suasana rapat konsultasi publik penyusunan Detail Engineering Design (DED) Pembangunan Pariwisata Pulau Telo, bertempat di Aula Bapelitbangda Kabupaten Kapuas, Rabu (14/8/2024). ANTARA/HO-Diskominfosantik Kapuas.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Sekretaris Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Septedy menyatakan bahwa pihaknya saat ini sedang menyusun dan melakukan konsultasi publik terhadap Detail Engineering Design (DED) pembangunan pariwisata di Pulau Telo.

Langkah itu sebagai dokumen awal untuk memastikan bahwa Pemkab serius dan berkomitmen untuk mengembangkan Pulau Telo sebagai lokasi wisata," kata Septedy usai memipin rapat konsultasi publik penyusunan DED di Kuala Kapuas, Rabu.

"Jadi melalui rapat ini, perencanaan, teknis untuk tahapan-tahapan pembangunan Pulau Telo sebagai lokasi wisata semakin jelas. Tentunya perencanaan itu mulai dari infrastruktur jalan maupun fasilitas wisata hingga dampak perekonomiannya," ucapnya.

Meski begitu, dirinya memastikan bahwa pengembangan Pulau Telo sebagai objek wisata tidak hanya habis pada dokumen DED, melainkan tetap harus mempersiapkan tahapan berikutnya.

"Kami mewacanakan atau merencanakan pembangunan Pulau Telo ini bukan hanya  sekedar wacana, tapi ada tindak lanjutnya berupa program dan yang terpenting kita bisa menganggarkannya," kata Septedy.

Untuk membuktikan keseriusan pemkab, Sekda Kapuas itu pun menegaskan bahwa setiap tahun akan selalu disediakan anggaran dalam membangun sekaligus mengembangkan pariwisata di Pulau Telo. Bahkan, pihak Bapelitbangda telah diingatkan dan perintahkan untuk selalu memperhatikan ketersediaan anggaran terhadap Pulau Telo.

"Jadi, masyarakat juga bisa betul-betul melihat bahwa kita serius membangun Pulau Telo sebagai tempat wisata," ujarnya.

Baca juga: Pj Bupati Kapuas siap tindaklanjuti arahan Presiden RI, optimalkan pengendalian inflasi

Pemkab Kapuas pun optimis Pulau Telo nantinya dapat menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kalteng, memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan ekonomi lokal dan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Melalui pembangunan wisata Pulau Telo ini, pemerintah daerah setempat berharap dukungan semua pihak agar pelaksanaan pembangunan berjalan dengan baik sesuai dengan harapan bersama.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor Bapelitbangda kabupaten setempat, jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas saat itu, dihadiri juga Kepala Desa Pulau Telo, Muhammad Iwo Iyansyah, Kepala Desa Pulau Telo Baru Muhammad Bob Mahaputra, sejumlah Perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, serta Tim Konsultasi Publik Penyusunan DED Pembangunan Pariwisata Pulau Telo.

Baca juga: Tingkatkan jiwa kepemimpinan, Pramuka Kapuas gelar perkemahan penggalang

Baca juga: DPMD Kapuas dukung Pemdes Tumbang Mangkutup aktif kelola hutan desa


Baca juga: Manfaatkan Faba, DPMD Kapuas gagas kerja sama desa dengan PT PLN