Pemkab minta DPRD Katingan memaksimalkan peran mengawal Pilkada Serentak 2024

id Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, Kalteng, Katingan, DPRD Katingan, Sekda Katingan, Pransang

Pemkab minta DPRD Katingan memaksimalkan peran mengawal Pilkada Serentak 2024

Sekda Katingan Pransang. ANTARA/Naslee.

Kasongan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah (Kalteng) mendorong sekaligus meminta kepada seluruh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat periode 2024-2029 yang baru saja dilantik, agar maksimal mengawal dan menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

"Baik dalam hal pengawasan masa persiapan tahapan, hingga pelantikan Kepala Daerah terpilih hasil Pilkada Serentak tahun 2024," kata Sekda Katingan Pransang di Kasongan, kemarin.

Menurut dia, suksesnya penyelenggaraan Pilkada Serentak tahun 2024 tidak hanya menjadi tanggung jawab dari penyelenggara saja, melainkan juga menjadi tanggung jawab bersama, termasuk pemerintah pusat dan pemerintah daerah termasuk DPRD.

"Dalam hal ini, DPRD diharapkan dapat memberikan dukungan terkait kebijakan, sarana dan prasarana, serta personil yang akan mengawasi jalannya Pilkada Serentak," kata Pransang.

Dia mengatakan Pemilihan Umum tahun 2024 telah menghadirkan wajah-wajah baru dengan beragam latar belakang profesi anggota DPRD kabupaten terpilih yang tidak hanya berasal dari kalangan politisi semata.

Apalagi melihat begitu penting dan sentralnya peran dan fungsi DPRD, maka figur atau profil anggota dewan haruslah memiliki kompetensi yang prima, yaitu memiliki pengetahuan yang luas, kemampuan yang handal berkaitan dengan substansi bidang tugas DPRD yang menjadi tanggung jawabnya, serta dibarengi dengan sikap perilaku yang baik. Untuk itu, anggota DPRD berhak meningkatkan kompetensi dan kualitasnya melalui kegiatan-kegiatan seperti orientasi dan bimbingan teknis.

"Namun perlu diingat, pelaksanaannya dilakukan secara proporsional yang berbasis pada peningkatan Hard Skill maupun Soft Skill dalam menunjang tugas-tugasnya," ungkapnya.

Baca juga: Sekda Katingan tekankan amanat UU tentang optimalisasi peran DPRD

Sehingga pelatihan dan pengembangan ini diharapkan dapat membantu anggota DPRD dalam menjalankan fungsi legislatif, pengawasan, dan anggaran secara efektif dan efisien, demi tercapainya tujuan pembangunan yang berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat.

"Saya ucapkan selamat bekerja kepada para Anggota Dewan masa jabatan tahun 2024-2029 yang baru saja dilantik," katanya.

Pemerintah Kabupaten Katingan pun berharap, dengan memikul amanah dan beban yang berat ini, anggota DPRD dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya sampai purna tugas.

Baca juga: 25 anggota DPRD Katingan resmi mulai bertugas

Baca juga: Empat Penjabat Bupati di Kalteng resmi dilantik

Baca juga: Berikut nama-nama Pj Bupati baru untuk empat kabupaten di Kalteng