Peningkatan SDM dukung penanggulangan kemiskinan di Palangka Raya

id Peningkatan SDM dukung penanggulangankemiskinan di Palangka Raya, kalteng, palangka raya, dprd palangka raya

Peningkatan SDM dukung penanggulangan kemiskinan di Palangka Raya

Ketua sementara DPRD Kota Palangka Raya, Khemal Nasery. ANTARA/dokumentasi pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua sementara DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Khemal Nasery menekankan pentingnya upaya pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan di daerah ini dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Kota Palangka Raya.

"Karena kalau masyarakat kita ini memiliki bekal keterampilan yang tidak hanya pada satu bidang saja, tentu akan sangat mudah bagi mereka untuk mencari kerja atau membuka usaha sendiri," katanya di Palangka Raya, Selasa.

Dia menjelaskan, bahwa dengan meningkatkan kualitas SDM tentunya pemerintah kota turut memiliki andil dalam membantu para generasi muda untuk dapat bersaing di era globalisasi.

Hal ini dikarenakan, pada era ini tak sedikit generasi muda yang terjerat dengan pergaulan bebas, seperti menjadi korban minuman keras hingga penyalahgunaan narkoba yang memengaruhi masa depan generasi muda.

"Dampaknya banyak generasi muda yang ke depan tak bisa melakukan apa-apa. Meskipun bisa dilakukan rehabilitasi, tetapi kan perlu waktu dan harus benar-benar anak ini terlepas dari lingkungan yang seperti itu sehingga tidak kembali terjerumus," ucapnya.

Baca juga: DPRD Kalteng percepat pembahasan APBD perubahan untuk optimalkan pembangunan

Khemal menilai, bahwa kondisi tersebut membuat pentingnya upaya penanggulangan kemiskinan dilakukan pada masyarakat usia muda sehingga setelah lulus sekolah, maka mereka tentunya tak lagi bingung dalam menentukan masa depan.

Tak sedikit generasi muda yang telah menyelesaikan sekolah menengah atasnya kemudian langsung mencari pekerjaan, karena keterbatasan biaya untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

"Memang banyak yang sudah lulus SMA langsung bekerja menjadi montir dan sebagainya, tetapi kan penting juga memberikan pelatihan keterampilan sehingga ke depan mereka ini tidak lagi menjadi karyawan tetapi justru memiliki usaha sendiri," ujarnya.

Politisi partai Golkar ini meyakini, bahwa generasi muda kini memiliki semangat berjuang yang tinggi sehingga dapat menjadi modal bagi mereka untuk membangun usaha dan menciptakan lapangan pekerjaan.

Dengan begitu, tentunya upaya penanggulangan kemiskinan di Kota Palangka Raya dapat berjalan dengan maksimal sehingga ke depan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud.

"Untuk itu mari kita bersama-sama berkoordinasi untuk mencari solusi yang terbaik, kami selaku mitra kerja pemerintah tentunya siap mendukung kebijakan-kebijakan selama itu bersentuhan langsung dengan masyarakat," demikian Khemal Nasery.

Baca juga: Legislator Palangka Raya Hap Baperdu komit prioritaskan aspirasi masyarakat kalangan bawah

Baca juga: Pj Wali Kota Palangka Raya: Roda empat wajib terdata di MyPertamina

Baca juga: Legislator ini siap berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat