Atlet Panjat Tebing Putra Kalteng melaju ke 16 besar di PON 2024

id Panjat Tebing ,PON XXI Aceh-Sumatera Utara ,Alberto Agustin alias Bolang ,Komplek Stadion Harapan Bangsa (SHB) ,Kota Banda aceh

Atlet Panjat Tebing Putra Kalteng melaju ke 16 besar di PON 2024

Atlet Panjat Tebing Kalteng Alberto Agustin alias Bolang masuk babak 16 besar di ajang PON XXI Aceh-Sumatera Utara yang bertanding di Kota Banda Aceh, Selasa (10/9/2024). ANTARA/Dokumentasi PribadiĀ 

Palangka Raya (ANTARA) - Atlet Panjat Tebing Putra Kalimantan Tengah (Kalteng) bernama Alberto Agustin atau Bolang berhasil melaju ke babak 16 besar di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024.

Alberto Agustin di arena panjat tebing yang berlokasi di Kompleks Stadion Harapan Bangsa (SHB) Banda Aceh, Selasa, mengatakan dirinya berhasil masuk dalam rangking 12 besar dari 37 atlet panjat tebing yang turun di nomor Speed WR Perorangan Putra.  

"Saya berhasil mencatat waktu terbaik yakni 5.45 dari dua kali percobaan di babak penyisihan," kata Alberto Agustin.

Alberto Agustin yang akrab disapa Bolang itu mengatakan, dirinya terus berupaya maksimal dan lolos ke babak delapan besar, sehingga bisa masuk ke tahap selanjutnya yakni empat besar atau final.

"Saya minta doanya kepada seluruh masyarakat Kalteng agar bisa menang dalam pertandingan selanjutnya. Apalagi saya juga sudah yang kedua kalinya ikut PON," ucapnya.

Baca juga: Syair adat Aceh Peumulia Jamee sambut tamu PON 2024

Sementara itu di nomor speed WR Putri Atlet Panjat Tebing Kalteng atas nama Youngme harus mengakui kelincahan dari para lawannya. Dirinya hanya mampu mencatatkan nilai terbaiknya yakni di 09.30 dan hanya berada di urutan 20 besar dari 31 peserta.

Di lokasi yang sama, Pelatih Panjat Tebing Kornelis mengatakan, untuk Youngme terlalu banyak kesalahan dialami, dari latihan bersama dan warm up catatan waktu masih di angka  11 detik.

Seharusnya Youngme bisa memperbaiki grafik agar dapat mengalami kenaikan. Awalnya bagus di penyisihan di line B mencatatkan waktu 09.89 detik namun di line A terpeleset karena kesalahan dan hanya berhasil mencatatkan waktu 12.58.

"Ini pertandingan kita ingin grafiknya terus naik dari latihan sampai babak penyisihan terus naik bukan malah turun," ucap Kornelis.

Baca juga: Presiden sampaikan "teurimong gaseh" buka PON XXI Aceh-Sumut 2024

Baca juga: Para atlet legendaris Sumut estafet nyalakan api kaldron PON 2024

Baca juga: Tim Panahan Kalteng tetap latihan meski arena PON diguyur hujan