Polda Kalteng kerahkan 998 personel amankan kampanye Pilkada 2024

id Pilkada Kalteng,Kampanye,Pengamanan ,Kalteng ,Palangka Raya ,998 Personel Pengamanan,Polda Kalteng,Djoko Poerwanto

Polda Kalteng kerahkan 998 personel amankan kampanye Pilkada 2024

Kapolda Kalteng Irjen Pol Djoko Poerwanto melakukan pengecekan personel di halaman Barigas, Kota Palangka Raya, Kamis (26/9/2024). ANTARA/Humas Polda KaltengĀ 

Palangka Raya (ANTARA) - Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah (Polda Kalteng) mengerahkan sebanyak 998 personel untuk mengamankan jalannya kampanye pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kalteng 2024.

Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Manaji di Palangka Raya, Kamis, mengatakan bahwa Polda Kalteng akan memaksimalkan pengamanan sesuai dengan surat perintah yang telah dikeluarkan oleh Kapolda Kalteng Irjen Pol Djoko Poerwanto.

"Tujuannya untuk menciptakan proses tahap kampanye dapat berjalan aman dan lancar," kata Erlan.

Erlan menuturkan, sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024 tentang tahapan dan jadwal pemilihan gubernur dan wakil gubernur, Wali Kota dan wakil wali kota serta bupati dan wakil bupati tahun 2024 bahwa pelaksanaan masa kampanye akan berlangsung mulai 25 September 2023 hingga 23 November 2024.

Ini merupakan bentuk komitmen Polda Kalteng dalam mendukung suksesi kepemimpinan daerah, terutama pada masa kampanye yang potensi kerawananya tentunya berbeda dengan tahap pendaftaran, verifikasi dan penetapan.

"Harapannya melalui pengamanan masa tahapan kampanye ini, bisa berjalan lancar guna mewujudkan Pilkada 2024 di Kalteng aman dan nyaman," bebernya.

Dia menambahkan, personelnya juga terus melakukan pemantauan serta bergerak untuk melakukan pengamanan baik saat kampanye berjalan. Meskipun saat ini kegiatan kampanye beberapa calon belum ada yang melaksanakan, namun seluruh personel sudah disiagakan.

"Saya berharap pilkada tahun ini berjalan aman dan tidak ada gangguan apapun, sehingga masyarakat benar-benar mendapatkan pemimpin yang amanah sesuai pilihannya," demikian Erlan.  

Berdasarkan pantauan di lapangan, personel Polda Kalteng dan Polresta Palangka Raya juga gencar melakukan patroli siang dan malam hari ke wilayah yang dianggap rawan gangguan kamtibmas.

Hal itu dilakukan, agar seluruh wilayah Kalteng benar-benar aman di masa kampanye pilkada yang saat ini sedang berlangsung.