Pembangunan SMK-GKE Mandomai diharapkan beri manfaat bagi siswa di Kapuas

id Penjabat Bupati Kapuas, Pj Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Darliansjah, Kapuas

Pembangunan SMK-GKE Mandomai diharapkan beri manfaat bagi siswa di Kapuas

Pj Bupati Kapuas Darliansjah didampingi Sekda Kapuas Septedy saat melakukan peletakan cor semen pertama tanda telah dimulainya pembangunan Gedung Unit Produksi SMK-GKE Mandomai, Kamis (26/9/2024). ANTARA/HO-Diskominfosantik Kapuas.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Darliansjah mengharapkan pembangunan Gedung Unit Produksi SMK-GKE Mandomai, Kecamatan Kapuas Barat, dapat memberikan manfaat khususnya bagi siswa-siswi sebagai tempat pelatihan berbasis produksi.

"Meenumbuh- kembangkan jiwa wirausaha, sarana praktik produktif dan tentu saja peningkatan aktivitas produktif untuk mendapatkan income dan kesejahteraan warga," kata Darliansjah di Kuala Kapuas, Kamis.

Hal itu disampaikan oleh orang nomor satu di kabupaten setempat, saat memberikan sambutan pada kegiatan peresmian dimulainya Pembangunan Gedung Unit Produksi SMK-GKE Mandomai, di Kecamatan Kapuas Barat.

Disampaikanya, bahwa permasalahan yang dihadapi pendidikan nasional khususnya kejuruan saat ini adalah masih terdapat lulusan SMK yang mempunyai kompetensi di bawah standar yang dibutuhkan dalam dunia usaha maupun dunia industri.

"Adanya bangunan Gedung Unit Produksi yang dibangun oleh pemerintah daerah setempat ini guna mempersiapkan siswa Sekolah Menengah Kejuruan menjadi tenaga kerja apabila mereka sudah lulus nantinya," kata dia.

Baca juga: Pondok Pesantren di Kapuas diberi pelatihan pengembangan ekonomi syariah

Apabila bangunan ini telah dapat beroperasi sesuai fungsinya, lanjut dia, harapannya pihak yayasan bersama dengan pihak sekolah, dapat segera menyusun program kerja unit produksi secara berkala, menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah maupun swasta dalam pemasaran hasil produksi,

"Termasuk pemberdayaan alumni dan siswa sebagai tenaga kerja dan melaksanakan pengawasan terhadap unit produksi dan penatausahaan keuangan unit produksi lainnya," tuturnya.

Pj Bupati Kapuas itu juga mengingatkan kepada jajaran yayasan bahwa bangunan gedung ini dibangun dari dana APBD yang berasal dari pajak masyarakat bayarkan kepada pemerintah. Artinya, bangunan ini juga dibangun dari uang masyarakat dan diperuntukkan juga untuk masyarakat," ujar dia.

"Silakan dimanfaatkan dengan baik dan penuh tanggungjawab sehingga bangunan ini bisa terus berfungsi dan berguna untuk generasi-generasi penerus kita nantinya," demikian Darliansjah.

Baca juga: Badan Kesbangpol dukung penuh Pilkada Kapuas berjalan kondusif

Baca juga: Pemkab Kapuas-KND RI kolaborasi pemenuhan hak disabilitas

Baca juga: Berikut nomor urut lima paslon peserta Pilkada Kapuas 2024