Rojikinnor-Vina komitmen majukan UMKM Palangka Raya

id pilkada palangka raya 2024, rojikinnor vina panduwinata, todong rojikinnor, palangkaraya, ojek online, ojol, umkm, ekonomi kreatif

Rojikinnor-Vina komitmen majukan UMKM Palangka Raya

​​​​​​​Rojikinnor menghadiri kegiatan bertajuk "Todong Rojikinnor" yang dipusatkan di salah satu hotel di Kota Palangka Raya, Minggu (29/9/2024). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) -
Pasangan Calon Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Rojikinnor-Vina Panduwinata berkomitmen untuk semakin memajukan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), ekonomi kreatif dan meningkatkan ekonomi pengemudi ojek online (ojol).
 
"Keluhan yang paling sering disampaikan oleh para pelaku UMKM dan ojol adalah akses modal, kurangnya pembinaan, dan keterampilan manajerial," kata Rojikin di Palangka Raya, Minggu.
 
Pernyataan itu disampaikan saat menghadiri kegiatan bertajuk "Todong Rojikinnor" yang dipusatkan di salah satu hotel di Kota Palangka Raya.
 
Pada kegiatan, itu, Calon Wali Kota Palangka Raya itu mendengarkan, menyerap keluhan dan aspirasi para pelaku usaha dan pengemudi ojek daring.
 
"Salah satu yang banyak dikeluhkan adalah terutama terkait pentingnya dukungan pemerintah dalam meningkatkan keterampilan serta akses permodalan. Termasuk juga persoalan-persoalan kehidupan sehari-hari yang dialami," kata Rojikinnor.
 
Bahkan, lanjut dia, ada juga peserta yang mengeluhkan terkait beasiswa anak-anak yang hanya diperuntukkan bagi orang tertentu pada lingkup sekolah. Sebagian lainnya mengeluhkan tidak memiliki keterampilan yang memadai untuk mengelola usaha.

Baca juga: Koyem-SHD siap pacu pembangunan infrastruktur di Lamandau
 
Pada acara itu, Rojikinnor menandatangani kontrak politik dengan beberapa pihak. Salah satu poin kontrak politik adalah pemberian beasiswa, peningkatan infrastruktur, dan dukungan permodalan bagi UMKM yang akan realisasikan jika Rojikinnor dan Vina Panduwinata mendapatkan amanah sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palangka Raya.
 
"Insya Allah akan saya tepati. Kontrak politik ini memastikan bahwa janji-janji saya bukan hanya wacana, tetapi akan saya wujudkan secara nyata," katanya.
 
Todong Rojikinnor merupakan salah satu sarana untuk bertemu kaum milenial Gen Z, mengingat kaum muda adalah pewaris masa depan yang harus dirangkul dan memastikan mereka memiliki peran yang signifikan dalam pembangunan Kota Palangka Raya.
 
"Intinya, dalam Todong Rojikinnor ini, apa yang mereka keluhkan, apa yang mereka rasakan dalam kehidupan sehari-hari silahkan sampaikan apapun itu, kita akan jawab. Itulah maksudnya Todong Rojikinnor," tegas Rojikinnor.