Pj Bupati Bartim lantik pejabat fungsional PPUPD dan auditor Inspektorat

id Penjabat Bupati Barito Timur, Pj Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Indra Gunawan, Barito Timur, Bartim, Kalteng

Pj Bupati Bartim lantik pejabat fungsional PPUPD dan auditor Inspektorat

Pj Bupati Bartim Indra Gunawan bersama Insepktur Josmar Banjar L Nahor foto bersama usai Pelantikan dan pengambilan sumpah dan janji PPUPD dan Pejabat Fungsional Auditor di lingkungan Inspektorat di Tamiang Layang, Jumat (4/10/2024). ANTARA/HO-Diskominfo Bartim.

Tamiang Layang (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Indra Gunawan melantik dan mengambil sumpah/janji Pejabat Fungsional Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintah Daerah (PPUPD) dan Pejabat Fungsional Auditor di lingkungan Inspektorat setempat.

"Dengan pelantikan ini, diharapkan kualitas pengawasan di Barito Timur dapat semakin meningkat," kata Pj Bupati Barito Timur,  Indra Gunawan di Tamiang Layang Jumat.

Menurutnya, para pejabat yang dilantik diharapkan dapat memperkuat kinerja Inspektorat Barito Timur dalam meningkatkan kualitas perencanaan, review, dan audit di wilayah Gumi Jari Janang Kalalawah.

Indra menekankan bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) pada Inspektorat masih belum memadai, khususnya terkait jumlah auditor yang belum mencapai standar.

"Standarnya 50 auditor, karena substansi review, termasuk RAB dan perencanaan, seharusnya sudah di review Inspektorat, bukan hanya diaudit," katanya.

Indra Gunawan juga mengingatkan kembali para Aparatur Sipil Negara (ASN) di OPD terkait kesempatan untuk mengikuti uji kompetensi PPUPD di Inspektorat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), yang memiliki tunjangan setara dengan jabatan eselon III dan IV.

Inspektur Barito Timur, Josmar L. Banjar Nahor menjelaskan bahwa dalam pelantikan ini, 11 auditor yang merupakan CPNS tahun 2022 dan dua PPUPD dilantik.

Baca juga: Kemajuan proyek pembangunan infrastruktur di Bartim mencapai 60 persen lebih

"Semua auditor yang dilantik sudah melalui uji kompetensi dan pelatihan, status kepegawaiannya pun sudah penuh," jelas Josmar.

Josmar menjelaskan, untuk dua PPUPD yang dilantik, merupakan pindahan dari OPD lain, yakni satu dari Dinas Perhubungan Barito Timur dan satu lagi dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Barito Timur.

Pelantikan dan pengambilan sumpah dan janji PPUPD dan Pejabat Fungsional Auditor di lingkungan Inspektorat dilaksanakan di Aula Kantor Inspektorat Barito Timur. Acara tersebut dihadiri sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Barito Timur, jajaran Inspektorat, serta tamu undangan lainnya.

Baca juga: Pemkab Bartim raih predikat B SAKIP Award 2024

Baca juga: Pemkab Barito Timur siapkan rekrutmen PPPK usai seleksi CASN 2024

Baca juga: Pemkab Bartim berikan bantuan sosial pendidikan kepada ratusan mahasiswa