Malam Pembukaan Palangka Fair 2017 Dipadati Pengunjung

id Palangka Fair 2017, palangka raya, padat pengunjung, Stadion Sanaman Mantikei, Wali Kota Palangka Raya, Riban Satia

Malam Pembukaan Palangka Fair 2017 Dipadati Pengunjung

Penari saat melakukan pertunjukan dalam acara Penutupan Palangka Fair dan Festival Bantaran Sungai 2016 yang dilaksanakan di Kawasan Stadion Sanaman Mantikei, Sabtu malam (23/716). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Malam pembukaan Palangka Fair 2017 yang dilaksanakan di Stadion Sanaman Mantikei, Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah dipadati ribuan warga.

Wali Kota Palangka Raya, Riban Satia saat membuka secara resmi acara tersebut pada Sabtu malam mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan HUT Kota Palangka Raya dan HUT Pemerintah Palangka Raya.

"Palangka Fair yang digelar rutin saat peringatan HUT Kota dan Pemerintah kota ini juga dalam rangka meningkatkan transaksi sehingga dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat," katanya.

Selain itu, acara yang digelar 5-9 Agustus ini diharapkan menjadi sebagai wadah para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) untuk mempromosikan berbagai produk yang dihasilkan.

Acara yang buka mulai pukul 09.00 WIB hingga 22.00 WIB itu juga sebagai salah satu upaya pemerintah kota dalam mempromosikan wisata dan potensi lain yang dimiliki Ibu Kota Provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai" itu.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Palangka Raya, Afendie mengatakan acara yang juga digelar pasar rakyat itu juga bertujuan untuk terus memperkenalkan dan melestarikan budaya masyarakat daerah khususnya di Palangka Raya.

"Palangka Fair ini diikuti sekitar 75 stand baik dari OPD pemerintah kota, pemerintah provinsi, perbankkan serta beberapa dari luar daerah," katanya.

"Melalui agenda rutin yang dilaksanakan pemerintah kota ini, selain diharapkan meningkatkan minat calon investor juga dapat menjadikan Palangka Raya sebagai tujuan wisata, baik nasional maupun internasional," katanya.

Sejumlah gerai yang berada di lingkungan Palangka Fair sangat padat pengunjung. Pengunjung harus berjalan lambat untuk berpindah dari satu gerai ke gerai lainnya terlebih saat rombongan wali kota dan jajarannya mengunjungi gerai

"Saya sengaja ke sini pada hari pertama karena selain untuk melihat pameran juga sekalian mau menyaksikan prosesi pembukaannya. Di hari pertama pembukaan acara ini stan yang ada sudah dipadati pengunjung, sampai-sampai kami terdorong-dorong saat melihat stan yang ada," kata Yuni yang saat itu bersama suami dan anaknya.