RSUD berikan layanan pemeriksaan kesehatan gratis di Palangka Raya Fair

id rsud,palangka raya,palangka fair,kalteng

RSUD berikan layanan pemeriksaan kesehatan gratis di Palangka Raya Fair

Pembukaan Palangka Raya Fair 2023 di Kota Palangka Raya, Jumat (28/7/2023) malam. (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) -
Rumah Sakit Umum Daerah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) melayani pemeriksaan kesehatan gratis bagi pengunjung Palangka Raya Fair 2023.

"Caranya hanya dengan menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu BPJS Kesehatan atau Kartu BPJS Ketenagakerjaan," kata Direktur RSUD Kota Palangka Raya, Abram Sidi Winasis di Palangka Raya, Selasa.

Menurut dia,  layanan kesehatan gratis yang diberikan,  seperti pemeriksaan tekanan darah, suhu badan, konsultasi kesehatan hingga pemeriksaan gula darah.

Dia mengatakan, pada acara yang digelar sejak 28 Juli hingga 1 Agustus 2023, banyak masyarakat yang menyaksikan pergelaran Palangka Raya Fair mengunjungi tenda RSUD Kota Palangka Raya.

"Di antara mereka ada yang memeriksakan kesehatan, konsultasi dan bahkan ada juga yang melihat atau mencari informasi seputar layanan di RSUD Kota Palangka Raya," kata Abram.

Baca juga: Puluhan rumah di kawasan padat penduduk Palangka Raya terbakar

Dia menjelaskan, dalam rangka mendekatkan diri kepada masyarakat di "Kota Cantik" tenda milik RSUD Kota Palangka Raya juga menyediakan sejumlah hadiah kejutan yang bisa di bawa pulang pengunjung.

Hadiah yang disediakan terdiri dari dua kategori yakni "doorprize dan kategori lomba foto dan keterangan foto terbaik dengan tema stand RSUD Kota Palangka Raya atau foto di lingkungan RSUD Kota Palangka Raya.

Untuk 'doorprize', kata dia, berupa kulkas, mesin cuci dan berbagai hadiah menarik lainnya. Bahkan bagi pengunjung yang beruntung, juga disediakan hadiah utama berupa satu unit sepeda motor.

"Pengumuman pemenang akan kami sampaikan hari ini di akun instagram kami di @rsudkotapalangkaraya," kata Abramsyah.

Baca juga: Imigrasi Palangka Raya luncurkan layanan antrean berbasis digital

Sekretaris Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya, Hadriansyah yang juga merupakan Panitia Palangka Raya Fair menerangkan, acara itu menjadi bagian dari rangkaian perayaan Hari Jadi ke-58 Pemerintah Kota Palangka Raya dan Hari Jadi ke-66 Kota Palangka Raya.

Sebanyak 320 pelaku usaha serta 36 instansi yang berkedudukan di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), memeriahkan acara tersebut, katanya.

Palangka Raya Fair 2023 yang dipusatkan di halaman Gedung Olahraga (GOR) Indoor Serbaguna Jalan Tjilik Riwut ini diikuti peserta dari dinas, badan dan kecamatan di lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya.

Kemudian Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalteng, unsur perbankan, perguruan tinggi, Dekranasda Palangka Raya, pelaku UMKM dan pedagang kaki lima (PKL) di kota setempat.

"Pameran Palangka Raya Fair 2023 ini juga sebagai media edukasi, promosi dan transaksi bagi masyarakat maupun pelaku usaha mikro kecil dan menengah," kata Hardiansyah yang akrab disapa Ado ini.

Selain itu, juga sebagai ajang menyampaikan informasi kepada masyarakat terhadap program dan capaian pembangunan yang telah dilakukan masing-masing instansi di lingkungan Pemerintah Kota Palangak Raya.

Baca juga: BPS: IHK Palangka Raya tak sejalan dengan Sampit pada Juli 2023

Baca juga: BNNP Kalimantan Tengah tangkap jaringan narkoba Malaysia