'New Year Fair 2024' jadi sarana sosialisasi MPP Habaring Hurung

id 'New Year Fair 2024' sarana sosialisasi MPP Habaring Hurung, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, pemkab kotim

'New Year Fair 2024' jadi sarana sosialisasi MPP Habaring Hurung

Kepala DPMPTSP Kotim Diana Setiawan mendampingi Wakil Bupati Kotim Irawati ketika meninjau stan UMKM dalam acara New Year Fair 2024, Minggu (7/1/2024). ANTARA/Devita Maulina

Sampit (ANTARA) - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah menggandeng UMKM Muda Kreatif menggelar acara "New Year Fair 2024" sebagai sarana sosialisasi Mal Pelayanan Publik (MPP) Habaring Hurung. 

“Kami bersama UMKM Muda Kreatif menggelar acara ini dengan tujuan memperkenalkan layanan-layanan dan fungsi MPP habaring hurung kepada masyarakat umum,” kata Kepala DPMPTSP Kotim Diana Setiawan di Sampit, Senin. 

Lebih lanjut, Diana menyampaikan New Year Fair 2024 adalah rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) pertama MPP Habaring Hurung yang bertepatan dengan HUT ke-71 Kotim. 

Acara yang digelar di halaman Gedung MPP Habaring Hurung, Jalan MT Haryono Sampit ini juga bentuk upaya pemerintah daerah dalam memberdayakan UMKM yang ada di wilayah setempat. 

Acara ini pun mendapat apresiasi dari banyak pihak. Wakil Bupati Irawati mengatakan keberadaan MPP tidak hanya mampu meningkatkan investasi untuk mendukung percepatan pembangunan, tetapi juga pertumbuhan ekonomi, khususnya UMKM. 

“Kami mengapresiasi DPMPTSP yang menggandeng UMKM Muda Kreatif untuk melaksanakan New Year Fair 2024 ini. Dengan banyaknya masyarakat yang datang diharapkan MPP semakin dikenal,” ucapnya. 

Ia menambahkan, sejak 2021 hingga awal 2024 DPMPTSP telah menerbitkan nomor induk berusaha untuk UMKM sebanyak 8.112 lembar dengan persentase 99,28 persen dibandingkan non UMKM.

Baca juga: Legislator berharap DAD Kotim mampu optimal menjalankan fungsi

Hal ini membuktikan bahwa kontribusi UMKM di Kabupaten Kotawaringin Timur dalam pergerakan perekonomian sangat besar. 

Upaya pemberdayaan UMKM melalui acara seperti yang dilakukan DPMPTSP memang dibutuhkan, agar memberikan semangat dan motivasi bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya. 

Dalam kesempatan itu, ia juga berpesan agar DPMPTSP Kotim terus meningkatkan kinerja yang selama ini sudah cukup baik, terutama dari segi pelayanan masyarakat. Sosialisasi terkait layanan MPP diperlukan agar bisa dipahami oleh masyarakat hingga pelosok desa. 

Adapun, New Year Fair 2024 ini dilaksanakan selama lima hari, mulai 6 sampai 10 Januari 2024, mulai pukul 16:00 WIB hingga 22:00 WIB.

Berbagai kegiatan mengisi kegiatan tersebut, antara lain bazar UMKM, bazar kuliner, senam zumba, lomba mewarnai, lomba karaoke pop solo, lomba e-sport, dan panggung hiburan. 

Sekitar 40 UMKM lokal dilibatkan dalam kegiatan tersebut, termasuk stan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kotim dan stan DPMPTSP yang membuka layanan perizinan usaha. 

Baca juga: Kotim terpilih menjadi lokasi pembangunan universitas oleh Pemprov Kalteng

Baca juga: Gubernur Kalteng wacanakan syarat masuk SMA harus khatam Al Quran

Baca juga: Pemprov Kalteng berikan bantuan kelistrikan untuk 25 desa di Kotim