KPU Pulpis Memulai Tahapan Pilkada Pada September

id KPU pulpis, pilkada serentak, pilkada 2018

KPU Pulpis Memulai Tahapan Pilkada Pada September

Ilustrasi (Istimewa)

Pulang Pisau (Antara Kalteng) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pulang Pisau Untung Surapati mengatakan bahwa bulan September dimulainya rangkaian tahapan Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada serentak tahun 2018. 

"Bulan September ini kita sudah arus memulai tahapan Pilkada," kata Untung Surapati, Sabtu (19/8).

Dikatakan Untung Surapati, anggaran untuk pelaksanaan Pilkada sudah disediakan oleh pemerintah setempat melalui melalui Memorandum of Understanding yang ditandatangani bersama pada 2 Juli lalu. Pemerintah setempat mengalokasikan anggaran mencapai sebesar Rp25,6 Miliar dan pada tahun 2017 telah dialokasikan sebesar Rp7 Miliar.

Dijelaskannya bahwa tahapan yang pertama dilakukan adalah sosialisasi kepada masyarakat, termasuk mengajak masyarakat setempat berpartisipasi untuk ikut terlibat membuat maskot Pilkada 2018. Selenjutnya  perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) serta mensosialisasikan daftar pemilih tetap (DPT), hingga pemukhtahiran data pemilih secara berkelanjutan. 

Menurut Untung Surapati, pihaknya juga melakukan sosialisasi terkait e-KTP berkoordinasi dengan pemerintah setempat agar masyarakat yang memiliki hak pilih tidak tertinggal atau terdaftar masuk dalam Daftar Pemilih Tetap dalam Pilkada Tahun 2018 mendatang.

Untuk pendaftaran calon kepala daerah, terang Untung Surapati, pendaftaran akan dibuka pada bulan Januari 2018 mendatang. Untuk mensosialisasikan syarat untuk pencalonan bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan, harus mendapat dukungan 10 persen dari daftar pemilih tetap (DPT). Sedangkan pencalonan dari partai politik atau gabungan dari partai politik adalah 20 persen dari kursi di DPRD atau 25 persen dari jumlah suara sah Pemilu Legislatif terakhir.