Palangka Raya (ANTARA) - Anggota Komisi III membidangi Pendidikan, Kesehatan dan Pariwisata DPRD Kalimantan Tengah Duwel Rawing, mendorong sekaligus meminta kepada pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota, agar tetap dan terus meningkatkan literasi kepada masyarakat, terkhusus generasi muda.

Meningkatnya literasi digital tersebut membuat masyarakat di provinsi ini akan menjadi lebih siap dalam menghadapi pesatnya kemajuan teknologi dan informasi, kata Duwel di Palangka Raya, Selasa.

"Masyarakat pun lebih optimal memanfaatkan peluang digital dan berpartisipasi aktif dalam ekosistem informasi dan komunikasi digital," tambahnya.

Menurut wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan I meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Gunung Mas dan Katingan ini menyadari, kemampuan dalam menggunakan teknologi digital dan akses informasi secara daring, memiliki peran penting dalam era digitalisasi yang semakin berkembang.

Untuk itulah, legislator Kalteng ini mendorong pemerintah daerah, lembaga pendidikan dan berbagai komunitas, perlu terus memberikan pemahaman terhadap literasi digital kepada masyarakat, terkhusus generasi muda.

"Saya  sarankan terus dilaksanakan program-program pelatihan literasi digital, kampanye kesadaran digital, serta pembangunan infrastruktur digital yang merata di seluruh wilayah di provinsi ini," kata Duwel Rawing.

Baca juga: Pengembangan pariwisata di Kalteng harus terencana dan berkelanjutan

Selain meminta peningkatan literasi digital melalui pendidikan formal, Anggota DPRD Kalteng dua periode itu juga mendorong adanya upaya kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, dan komunitas dalam menyediakan akses internet yang lebih luas, pelatihan teknologi, dan dukungan bagi masyarakat dalam menghadapi era digitalisasi.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengatakan masyarakat yang memiliki literasi digital yang baik, akan lebih siap menghadapi tantangan teknologi modern dan memanfaatkan potensi digital untuk kemajuan pribadi, pendidikan, dan ekonomi.

"Mari bersama-sama memperkuat literasi digital sebagai bekal penting dalam menghadapi masa depan yang semakin digital," demikian Duwel Rawing.

Baca juga: Strategis tingkatkan literasi di Kalteng, perpustakaan harus terus didukung

Baca juga: Pemda se-Kalteng diminta lebih perbanyak aksi tangani stunting dan kemiskinan

Baca juga: Ketua DPRD Kalteng minta pemda tetap gencar lakukan reboisasi

Pewarta : Jaya Wirawana Manurung
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024