Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Pemuda Katolik Komisariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Freddy Simamora menyatakan bahwa Kongres Nasional Ke-XIX Pemuda Katolik yang diselenggarakan di Palangka Raya dari tanggal 24-27 menghasilkan banyak rekomendasi terhadap berbagai kondisi kebangsaan.

Kongres yang diikuti oleh 37 Komda dan ratusan Komcab kabupaten/kota se-Indonesia itu juga menyepakati dan menetapkan Stepanus Asat Gusma kembali terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Pemuda Katolik periode 2024-2027, katanya di Palangka Raya, Minggu.

"Pelaksanaannya pun berlangsung tertib, aman dan lancar. Jadi, pada intinya Kongres Nasional Ke-XIX Pemuda Katolik di Palangka Raya ini berlangsung dengan sukses," tambah Freddy.

Dia pun mengucapkan terimakasih kasih kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, yang telah mendukung penuh dan memberikan bantuan berupa penyediaan anggaran untuk seluruh kegiatan kongres Nasional Pemuda Katolik. Sebab, bantuan anggaran itu sangat membantu sekaligus sangat meringankan beban  panitia dalam melaksanakannya.

Freddy Simamora mengatakan bahwa melalui kongres ini, putra putri Kalteng telah menunjukkan kemampuan dan 'kelasnya' kepada para pemuda se-Indonesia, khususnya yang tergabung di Pemuda Katolik. Sebab, dari informasi yang didengar dan diterima, hampir semua peserta merasa kagum dan terpukau, bahkan puas atas pelayanan maupun kemampuan Kalteng dalam melaksanakan kongres.

Masyarakat Kalteng pun menurut para peserta Kongres sangat ramah-ramah. Penilaian itu diberikan peserta pada saat berkunjung ke sejumlah tempat wisata maupun pusat oleh-oleh.

"Jujur, saya sangat terharu dan mengucapkan terimakasih kepada Kalteng. Kita memang luarbiasa. Kalteng telah menunjukkan 'kelasnya' sebagai tuan rumah yang baik dalam pelaksanaan even Nasional," demikian Freddy.

Baca juga: Dirjen Kemenag RI buka kongres nasional Pemuda Katolik Kemenag RI di Palangka Raya

Hal senada juga disampaikan Ketua Umum Pemuda Katolik periode 2024-2027 Stepanus Asat Gusma. Menurut dirinya, kongres yang berlangsung sangat sukses di Palangka Raya, akan menjadi catatan sejarah bagi Pemuda Katolik. Di mana pelaksanaannya lancar dan tidak ada kendala apapun.

Dia mengatakan semua peserta Kongres memberikan kesan yang sangat baik terhadap pelayanan Komda Kalteng selama kegiatan berlangsung. Pemerintah Daerah, baik provinsi maupun kota beserta masyarakatnya pun, memberikan dukungan penuh dari awal hingga akhir pelaksanaan kongres.

"Salut dan bangga dengan Komda Kalteng. Mereka luarbiasa dan menunjukkan kelasnya di kegiatan skala nasional yang diikuti ratusan orang dari seluruh provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia," kata Gusma.

Baca juga: Pemkot ajak peserta Kongres Nasional Pemuda Katolik nikmati destinasi Palangka Raya

Baca juga: Pemprov Kalteng dukung penuh Kongres Nasional Pemuda Katolik di Palangka Raya

Baca juga: PWI Kalteng dukung Kongres Nasional Pemuda Katolik digelar di Palangka Raya

Pewarta : Jaya Wirawana Manurung
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024