Ferguson gembira Ronaldo ke Old Trafford

id Christiano Ronaldo

 Ferguson gembira Ronaldo ke Old Trafford

Cristiano Ronaldo (REUTERS/Sergio Perez) istimewa

Manchester (ANTARA News) - Manajer Manchester United Alex Ferguson pada Jumat mengatakan bahwa dia yakin Cristiano Ronaldo akan mendapat penerimaan yang baik ketika sang pemain kembali ke Old Trafford untuk pertama kalinya bersama Real Madrid.

Hasil undian Liga Champions pada Kamis mempertemukan United dengan juara Spanyol di babak 16 besar, di mana pertandingan ini bertambah menarik karena status Ronaldo sebagai mantan pemain favorit di klub Inggris tersebut.

Kapten Portugal berusia 27 tahun itu meninggalkan United untuk pindah ke Santiago Bernabeu dengan transfer senilai 80 juta pounds pada 2009, setelah selama enam tahun membantu United meraih tiga gelar Liga Utama Inggris dan satu gelar Liga Champions.

Ferguson mengungkapkan bahwa Ronaldo ingin pindah pada 2008, namun dibujuk untuk bertahan 12 bulan lagi, dan ia percaya kontribusinya akan dikenang oleh para penggemar klub, yang masih sering menyanyikan nama sang penyerang.

"Kontrak dengan Real berbunyi bahwa ia tidak dapat bermain melawan kami. Saya pikir akan memalukan jika ia bermain melawan kami dengan cara apapun. Ia tidak memiliki loyalitas terhadap kami," gurau Ferguson pada konferensi pers sebelum pertandingan United melawan Swansea pada Minggu.

"Satu hal sudah pasti, ia akan mendapat penerimaan hebat ketika ia datang ke Old Trafford dan diperlakukan dengan baik saat ia tiba di lapangan. Setelah itu mereka dapat mencemooh sesuka mereka."

"Anda harus ingat ketika ia datang pada usia 17 (tahun) dan benar-benar membangun dirinya sebagai pesepak bola hebat di sini. Kami bangga telah terhadap peran yang kami mainkan di karirnya. Untuk mendapatkan enam tahun (karir) dari seorang anak-anak ketika ia datang pada usia 17 tahun, dan bermain bagi kami untuk enam tahun, kami telah melakukan hal yang baik."

"Ia selalu berniat untuk pergi ke Madrid di karirnya dan kami membantu dia memberinya jalan. Itu bukan ketidak setiaan sebab saya mendapatkan tambahan setahun ketika ia ingin pergi pada tahun sebelumnya, dan ia menghormati hal itu, dan itu fantastis bagi kami."

"Ia pergi dengan restu kami. Cara pandang saya terhadap hal ini adalah kami beruntung memiliki dia selama enam tahun, dan para penggemar United akan berbagi hal itu."

Setelah absen di fase gugur Liga Champions musim lalu, Ferguson percaya pertandingan ini merupakan peluang bagi United, yang telah menjuarai Liga Champions sebanyak tiga kali, untuk kembali mengukuhkan diri sebagai salah satu kekuatan utama di Eropa.

"Saya tidak memiliki rekor hebat saat menghadapi (pelatih Real) Jose Mourinho, dan saya perlu menempatkannya dengan baik," tambahnya.

"Fokus utama akan berpusat di sekitar Cristiano, ini akan menjadi pertandingan fantastis dan mudah-mudahan kami dapat mengatasi mereka di sini dengan kesempatan bagus dan posisi itu (babak delapan besar) akan berbunyi."

"Kami tidak benar-benar memiliki pertandingan Eropa yang bagus untuk beberapa waktu karena tidak lolos pada tahun lalu. Ini merupakan kesempatan besar bagi United untuk menerjang dan kembali melaju di sepak bola Eropa," katanya dikutip AFP.
(H-RF/D011)