Serial "Big Bang Theory" inspirasi nama lebah

id Serial Big Bang Theory inspirasi nama lebah

 Serial "Big Bang Theory" inspirasi nama lebah

(the-big-bang-theory.com) istimewa

Los Angeles (ANTARA News) - Tokoh fisikawan dalam serial "Bing Bang Theory",  Dr. Sheldon Cooper, makin kesohor saja.

Karakter lucu  yang mendaku fisikawan akbar dari Inggris Stephen Hawking sebagai salah seorang sahabatnya itu, kini punya satu spesies lebah yang dinamai dari frasa khasnya dalam tayangan televisi itu, Bazinga!

Adalah biolog Brazil Andre Nemesio yang menamai satu spesies lebah anggrek Brazil dengan 'Euglossa bazinga' demi menghormati karakter Sheldon Cooper yang cerdas, lucu dan gila dalam "Bing Bang Theory".

Alasannya, lebah yang baru dinamai ini juga telah lama mengelabui para ilmuwan akibat kemiripannya dengan spesies-spesies lain.

Nemesio menerbitkan makalahnya bulan lalu di Zootaxa, jurnal untuk pakar taksonomi binatang di seluruh dunia.

Steven Molaro, salah seorang produser eksekutif "Big Bang Theory" menyebut komedi yang ditayangkan di stasiun CBS itu menang sangat disukai komunitas sains.

"Sheldon akan merasa terhormat karena mengetahui bazinga Euglossa terinspirasi olehnya. Kenyataannya, setelah 'Mothra' dan grifon (binatang khayali), lebah adalah memang makhluk terbang favorit ketiganya," seloroh Molaro seperti dikutip Reuters.

"The Big Bang Theory" adalah komedi mengenai sekelompok ilmuwan brilian tapi berkelakuan nyeleneh. Tayangan ini menjadi salah satu komedi terpopuler di AS dengan menarik 18 juta penonton setiap episodenya.

Aktor Jim Parsons telah mendapat dua Emmys gara-gara berperan sebagai Cooper.