Adobe Photoshop jadul ada di museum sejarah komputer

id Tampilan layar aplikasi penyunting gambar digital Adobe Photoshop versi 1.0.1.

Adobe Photoshop jadul ada di museum sejarah komputer

Tampilan layar aplikasi penyunting gambar digital Adobe Photoshop versi 1.0.1. (Computer Histroy Museum) (istimewa)

Jakarta (ANTARA News) - Museum Sejarah Komputer AS menyediakan sumber kode (source code) aplikasi penyuntingan gambar Adobe Photoshop 1.0.1 untuk komputer Mac guna mengenang 13 tahun piranti yang dikembangkan Thomas dan John Knoll itu.

"Ketika dua bersaudara itu mulai mendesain dan menulis program penyuntingan gambar pada akhir 1980-an, mereka tidak membayangkan akan menambahkan sebuah kata dalam kamus," kata Kepala Dewan Computer History Museum, Len Shustek, dalam situs resmi lembaga itu.

Semula, Thomas Knoll menulis program komputer yang disebut "Display" untuk menampilkan dan memodifikasi gambar digital pada 1987.

Kemudian, saudaranya John Knoll yang bekerja di perusahaan efek visual film melihat program itu berguna sebagai alat penyunting foto, tapi mereka tidak dimaksudkan sebagai produk.

Thomas mengatakan, "Kami mengembangkan itu (Photoshop) murni untuk kegunaan kami sendiri..itu adalah hal yang menyenangkan untuk dikerjakan."

Pada musim panas 1988, kedua bersaudara itu menyadari program mereka dapat menjadi produk komersial, mereka menamakannya "Photoshop", dan mencari perusahaan distribusi.

"Pada (Photoshop) versi 1, saya satu-satunya teknisi, dan pada versi 2, kami punya dua teknisi," kata Thomas seperti dikutip Shustek.

Museum Sejarah Komputer, dengan izin Adobe System Inc., telah menempatkan sumber terbuka Photoshop lama itu di situs mereka dan tidak bertujuan komersial.

"Semua kode itu dengan format ekstensi kosakata aplikasi MacApp yang telah mendapat lisensi dari Apple," sebut Shustek.

(I026)