Penyanyi Bobby Rogers tutup usia

id Penyanyi Motown, Bobby Rogers

 Penyanyi Bobby Rogers tutup usia

Penyanyi Motown, Bobby Rogers, yang juga pendiri kelompok The Miracles (Reuters.com) (istimewa)

Detroit (ANTARA News) - Penyanyi Motown, Bobby Rogers, yang juga pendiri kelompok The Miracles, meninggal dunia pada usia 73 tahun pada Minggu (3/3) di kediamannya di daerah pinggiran Detroit setelah sakit berkepanjangan.

Rogers adalah penyanyi tenor dalam kelompok The Miracles yang juga terdiri atas Smokey Robinson sebagai penyanyi utama, vokalis bass Warren "Pete" Moore dan Ronnie White yang bersuara bariton serta satu-satunya perempuan dalam grup itu, Claudette Rogers.

Claudette adalah sepupu Rogers yang kemudian menikah dengan Robinson pada 1963 dan hengkang dari kelompok penyanyi itu setahun kemudian. Namun Claudette dan Smokey akhirnya bercerai.

"Roger itu menjadi seperti kakak kandung, kini dia kalah memerangi penyakitnya," kata Claudette dalam pernyataan di Asosiasi Alumni Motown di Detroit.

"Ia pribadi yang cemerlang dan disukai banyak orang," katanya seperti dikutip Reuters.

"Orang selalu mengomentari dirinya yang jangkung dan berkacamata."

Sementara Smokey Robinson mengatakan, "Seorang lagi pahlawan hidupku telah pergi. Ia bagaikan kakak dan seorang sahabat yang baik. Saya akan kehilangan, saya sangat mencintainya."

Billy Wilson, Ketua Asosiasi Alumni Motown, mengatakan Rogers meninggal di Southfiled, di kota Michigan, pinggiran Detroit.

Kelompok The Miracles tumbuh sebagai grup penyanyi kwintet beranggotakan lima teman sekolah menengah tahun 1950an.

Grup itu semula menamakan diri Five Chimes dan kemudian berganti nama menjadi Matadors setelah beberapa kali perubahan sejak Claudette bergabung.

Mereka diperkenalkan ke Motown oleh pendirinya, Berry Gordy Jr, dan mengganti nama menjadi the Miracles yang melejit dengan penjualan album "Shop Around" yang mencapai jutaan kopi.

Selain menyanyi, Rogers bersama Robinson juga mencipta lagu-lagu mereka dan untuk kelompok lain seperti Temptations.

The Miracles sudah tercantum dalam Walk Of Fame sebagai grup penyanyi rock and roll pada 2012.

(Uu.M007)