Produser "The English Patient" Saul Zaents Tutup Usia

id Produser The English Patient Saul Zaents Tutup Usia

Los Angeles (ANTARA News) - Saul Zaentz, produser peraih penghargaan film terbaik Oscar "One Flew Over the Cuckoo's Nest", "Amadeus" dan "The English Patient", tutup usia di umur 92 tahun.

Zaentz meninggal di rumahnya di San Fransico pada Jumat waktu setempat, karena komplikasi penyakit Alzheimer, kata keponakannya Paul Zaentz pada Los Angeles Times.

"Dia adalah pria yang luar biasa," kata Paul Zaentz yang bekerja dengan pamannya selama 37 tahun seperti dikutip dari CNA.

Zaents yang memulai karir di dunia musik sebelum mengembangkan sayap di industri film, dikenal sebagai produser film-film intelektual. Dia juga memiliki perusahaan produksi film independen dari Berkeley --tak jauh dari Los Angeles--untuk menjaga jarak dari Hollywood.

"One Flew over the Cuckoo's Nest" (1975), diproduksi bersama aktor Michael Douglas, dibintangi Jack Nicholson sebagai pasien di rumah sakit jiwa. Film itu memenangkan lima Oscar termasuk sutradara terbaik untuk Milos Forman.

Zaentz dan Forman bekerja sama lagi untuk "Amadeus" (1984) tentang kehidupan Wolfgang Amadeus Mozart. Film tersebut meraih delapan penghargaan Oscar termasuk film terbaik, sutradara terbaik, dan aktor terbaik untuk F Murray Abraham.

Film "The English Patient" (1996) adalah drama dengan cerita berlatar belakang Perang Dunia Kedua dan Zaentz bekerja sama dengan sutradara Anthoni Minghella. Film itu dianugerahi sembilan piala Oscar, termasuk film terbaik dan sutradara terbaik.

Pada malam penghargaan Oscar tahun 1977 silam, Zaentz dianugerahi penghargaan Irving G Thalberg Memorial Award.

Film lain yang diproduksi Zaentz antaara lain "The Unbearable Lightness of Being" (1988), "At Play in the Fields of the Lord" (1991), dan "Goya's Ghosts" (2006). Dia juga membuat versi animasi The Lord of the Rings (1978).


Penerjemah: Nanien Yuniar