BPJS Ketenagakerjaan Bantu Beasiswa Di Kotawaringin Timur

id Jamsostek, BPJS, Bpjs Ketenagakerjaan Bantu Beasiswa Di Kotawaringin Timur

BPJS Ketenagakerjaan Bantu Beasiswa Di Kotawaringin Timur

Ilustrasi (Istimewa)

Masalah pendidikan ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi kita semua, termasuk perusahaan.
Sampit (Antara Kalteng) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan memberikan bantuan beasiswa untuk pelajar prestasi di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah dengan total senilai Rp 250 juta.

"Kami sangat mengapresiasi bantuan ini karena masalah pendidikan ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi kita semua, termasuk perusahaan. Saya mengimbau seluruh perusahaan untuk peduli terhadap dunia pendidikan di Kotawaringin Timur," kata Sekretaris Daerah Kotim, Putu Sudarsana di Sampit, Jumat.

Beasiswa tersebut diserahkan secara simbolis oleh Putu didampingi Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sampit, Ramadan Sayo usai peringatan Hari Pendidikan Nasional di halaman kantor Bupati Kotim.

Beasiswa untuk tingkat SD sederajat sebanyak 72 paket senilai Rp 131 juta, tingkat SMP sederajat senilai Rp 39,6 juta, tingkat SMA sederajat sebanyak 24 paket senilai Rp 58,6 juta dan perguruan tinggi senilai Rp 21,6 juta.

Untuk tingkat SD dan SMP sederajat nilai beasiswa per orang sebesar Rp 1.800.000 sedangkan untuk tingkat SMA dan perguruan tinggi nilainya Rp 2.400.000 per orang untuk satu tahun.

"Dengan bantuan semua pihak, kita berharap pemerataan dan peningkatan pendidikan akan terlaksana di daerah kita. Ini untuk masa depan anak-anak kita nanti," harap Putu.

Ramadan Sayo menjelaskan, pemberian bantuan beasiswa tersebut rutin dilaksanakan setiap tahun oleh BPJS Ketenagakerjaan yang dulunya bersama PT Jamsostek. Tahun ini penyerahannya dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia tepat saat peringatan Hari Pendidikan Nasional.

"Penerima beasiswa adalah siswa berprestasi anak peserta BPJS Ketenagakerjaan. Usulan dari perusahaan kami seleksi, kemudian dipilah yang memenuhi kriteria di antaranya masuk ranking 1 sampai 5 di kelas," ucapnya.

Ramadan menjelaskan, bantuan beasiswa tersebut merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial (corporate social responsibilty/CSR) perusahaan mereka. Besar bantuan tergantung keuntungan yang didapat perusahaan setiap tahunnya, namun diharapkan akan terus meningkat.


(T.KR-NJI/C/Y008/Y008)