KNKT Ajari Penyelam Selamatkan "Black Box" Airasia Qz8501

id KNKT Ajari Penyelam Selamatkan Black Box Airasia Qz8501

KNKT Ajari Penyelam Selamatkan "Black Box" Airasia Qz8501

Ilustrasi,(FOTO ANTARA/Nyoman Budhiana) Istimewa

Pangkalan Bun (Antara Kalteng) - Komite Nasional Keselamatan Transportasi memberitahukan posisi dan cara menyelamatkan "blackbox" Pesawat AirAsia QZ8501 kepada tiga penyelam TNI Angkatan Laut.

Penyelam diajari mulai dari cara masuk, membuka hingga "blackbox" diangkat ke atas kapal agar sampai di laboratorium tidak mengalami kerusakan, kata Investigator KNKT Indonesia Nurcahyo Utomo di Lanud Iskandar Pangkalan Bun, Jumat.

"Posisi Blackbox pesawat AirAsia itu berada di sebelah kanan atas dan cara mendapatkannya bisa dengan menggunakan tangan. Bisa dibuka dengan tangan bukan berarti mudah terlepas ya. Sama seperti keran air lah," tambahnya.

Nurcahyo membenarkan rangkaian blackbox dapat terpecah, namun kotak tempat memori modul yang menjadi rekaman histori penerbangan dan percakapan pilot AirAsia tidak akan terpecah.

Dia mengatakan sekarang ini yang perlu diantisipasi setelah diangkat ke atas kapal adalah kerapuhan memori modul akibat terlalu lama terendam air laut.

"Jadi, memori modul itu harus tetap terendam di dalam air, baik air asin ataupun tawar. Sama saja. Terpenting itu tetap terendam di dalam air," ungkapnyanya.

Investigator KNKT mengatakan `pinger` dan kotak tempat memori modul pesawat merupakan dua hal yang berbeda. Pinger hanya untuk menunjukkan lokasi blackbox, sedangkan memori modul merekam.

Mengenai kondisi ekor pesawat AirAsia yang disebut-sebut hancur berkeping-keping, dirinya belum mendapatkan informasi dari Badan SAR Nasional maupun TNI.

"Apakah penyelam sudah menyelam atau tidak, saya tidak tahu. Apakah sudah diangkat, sepertinya belum. Lah penyelamnya saja baru kami cara membuka dan memberitahukan posisinya," demikian Nurcahyo.



(T.KR-JWM/B/C004/C004)