Karang Taruna Tingkat Kabupaten Kobar Diketuai Bambang Suherman

id karang taruna, karang taruna kobar, gusti nur aini

Karang Taruna Tingkat Kabupaten Kobar Diketuai Bambang Suherman

Ketua Karang Taruna Kotawaringin Barat menerima panji Karang Taruna sebagai penyerahan amanah dari Asisten II Setda kotawaringin Barat (Foto Alfa)

Pangkalan Bun (Antara Kalteng) – Kabupaten Kotawaringin Barat kini memiliki Karang Taruna tingkat kabupaten. Pengurus Karang Taruna Kotawaringin Barat Periode 2015-2020 diketuai Bambang Suherman.

Pengurus Karang Taruna itu dikukuhkan oleh Asisten II Setda Kotawringin Barat pada Rabu malam (8/04) di Aula Kantor Bupati Kotawaringin Barat, dengan disaksikan langsung oleh Direktur Pemberdayaan Keluarga dan Kelembagaan Sosial Kementerian Sosial, Hasbullah, Kadis Sosial Kalteng, Guntur Talajan, dan seluruh komponen pemuda.

Kepala Dinas Sosial Kotawaringin Barat, Gusti Nur Aini, mengatakan, Karang Taruna  kabupaten Ini baru pertama kali ada di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat.

“Walaupun baru dibentuk, sudah  banyak sekali harapan-harapan dari masyarakat bagaimana ke depannya dapat membela masyarakat kecil dan sekaligus sebagai wadah pemuda-pemudi untuk mengembangkan karya nyata sebagai bentuk kepedulian terhadap daerah,” katanya.
 
Gusti Nur Aini yang pernah menjabat Ketua KNPI Kotawaringin Barat Periode 2000-2003 mengatakan,  Karang Taruna yang baru terbentuk ini harus mampu memberikan kontribusi kepada daerah sesuai kapasitas dan fungsinya serta mampu beradaptasi dengan masyarakat sehingga mempermudah komunikasi segala permasalahan di masyarakat.
 
Direktur Pemberdayaan Keluarga dan Kelembagaan Sosial Kementrian Sosial RI, juga mengatakan bahwa yang dilantik ini merupakan Forum Karang Taruna Tingkat Kabupaten sebagai wadah jejaring untuk mempermudah penyampaian aspirasi dari Karang Taruna tingkat Kelurahan dan Kecamatan.

“Karang Taruna ini sudah ada sampai tingkat pusat sehingga wajar kalau di kabupaten dibentuk karena Karang Taruna akan membawa nama daerah agar dikenal skala nasional,” katanya.  

Disisi lain, Bupati Kotawaringin Barat, Ujang Iskandar melalui Asisten II Setda Kotawaringin Barat, Encep Hidayat, menyatakan Karang Taruna hendaknya menjadi pengayom pemuda pemudi yang berdedikasi yang tinggi sehingga mampu membawa nama baik Kotawaringin Barat ditingkat nasional.

Tugas dan kewajiban karang taruna yang terjun langsung kemasyarakat untuk menampung aspirasi, dan membawa pemuda pemudi di lingkungannya dapat berkarya nyata dan membawa kearah yang lebih baik, pungkasnya.