Balai Bahasa Harapkan Guru Barsel Berbahasa Dengan Benar

id balai bahasa kalteng, guru di barsel, Kepala Balai Bahasa Kalteng, Sumadi

Balai Bahasa Harapkan Guru Barsel Berbahasa Dengan Benar

Kepala Balai Bahasa provinsi Kalimantan Tengah, Sumadi. (FOTO ANTARA Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara) - Balai Bahasa Kalimantan Tengah mengharapkan para guru sekolah dasar di provinsi setempat, khususnya di Kabupaten Barito Selatan mampu menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

"Penggunaannya itu, baik dalam komunikasi keseharian maupun dalam kegiatan belajar-mengajar," kata Kepala Balai Bahasa Kalteng, Sumadi, M.Hum usai acara penyuluhan bahasa dan pelatihan penulisan karya tulis ilmiah guru SD se-Barito Selatan (Barsel), di Buntok, Rabu.

Ia mengatakan, dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, maka murid dari guru yang bersangkutan akan mudah memahami pelajaran yang akan diajarkan.

"Karena, materi yang kita sampaikan dalam penyuluhan dan pelatihan ini yakni tentang Bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah dan tata bahasa maupun ejaannya," jelas Sumadi.

Ia juga menyampaikan, terkait dengan telah dilaksanakannya kegiatan pelatihan penyusunan karya tulis ilmiah bagi para guru sekolah dasar diharapkan mereka bisa memulai menulis karya ilmiah.

"Karena salah satu syarat untuk pengusulan kenaikan pangkat dari golongan III/B ke atas harus menulis karya ilmiah," ucap dia.

Menurutnya, pihaknya akan terus melakukan penyuluhan tentang penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar kepada semua guru yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah.

"Penyuluhan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru sekolah dasar dalam penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar," tambah Sumadi.

Ke depan selain melaksanakan kegiatan penyuluhan Bahasa Indonesia bagi guru, pihaknya juga akan melaksanakan pelatihan bagi siswa SLTP dan SLTA dalam menulis puisi.