Katingan Siapkan 20 Hektare Bangun Panel Surya

id Katingan, 20 Hektare Bangun Panel Surya, Ahmad Yantengli

Katingan Siapkan 20 Hektare Bangun Panel Surya

Ilustrasi, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). (istimewa)

....Semoga rencana ini dapat segera terrealisasi agar kebutuhan listrik di Katingan bisa terpenuhi, setidaknya untuk perkantoran Pemkab Katingan,"
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Katingan Provinsi Kalimantan Tengah telah mempersiapkan lahan seluas 20 hektare untuk lokasi pembangunan pembangkit listrik berbasis energi surya atau papan Panel Surya yang diperkirakan mampu menghasilkan listrik berkapasitas 2 megawatt.

"Dinas Pertambangan Katingan telah diminta mengkaji dan mempersiapkan administrasinya serta menghitung besaran anggaran yang diperlukan untuk membangun papan Panel Surya di lahan 20 hektare tersebut," kata Bupati Katingan Ahmad Yantengli di Palangka Raya, Jumat.

"Lahan 20 hektare yang disediakan untuk papan panel itu di sekitar perkantoran Pemkab Katingan. Kami sengaja membuat di situ agar terpusat dan mempermudah pengawasan. Semoga rencana ini dapat segera terrealisasi agar kebutuhan listrik di Katingan bisa terpenuhi, setidaknya untuk perkantoran Pemkab Katingan," tambahnya.

Yantengli mengakui dana awal membangun Panel Surya sangat besar namun dari segi operasional relatif kecil, sehingga sangat efisien untuk dilaksanakan. Ditambah lagi, sekarang ini pasokan listrik dari Perusahan Listrik Negara (PT PLN) belum mampu memenuhi kebutuhan masyarakat di Katingan.

Dia mengatakan 20 persen dari jumlah desa di Kabupaten Katingan belum dialiri listrik, dan untuk memenuhi kebutuhan tersebut telah dibangun tenaga surya tersentral sembari memikirkan tenaga listrik dari bioenergi lainnya yang telah bekerjasama dengan Kementerian Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Potensi Katingan untuk energi listrik terbarukan sebenarnya ada beberapa, tapi yang tercepat itu Panel Surya. Ini yang coba kita laksanakan. Itu kita lakukan karena peningkatan jumlah penduduk di Kabupaten Katingan relatif cepat. setahun terakhir ini penduduk Katingan bertambah 30 ribu, dan pastinya kebutuhan listrik akan meningkat," demikian Yantengli.

Pemerintah Provinsi Kalteng di tahun 2016 juga akan memprioritaskan program "Kalteng Tarang". Di mana Program ini sebagai upaya memenuhi kebutuhan listrik terhadap 188.267 rumah tangga tersebar di 307 desa se-Kalteng yang belum dijangkau PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kalteng Syahril Tarigan mengatakan pedesaan yang belum terjangkau PLN akan disediakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) sembari mendorong PLN dan APBN membangun pembangkit listrik transmigrasi maupun jaringan distribusi.

"Demi mensukseskan program Kalteng Tarang, Pemprov Kalteng melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) untuk tahun 2016 mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2015. Untuk jumlahnya saya lupa, tapi ada peningkatan. Kabupaten/Kota dan pihak swasta juga kan turut membantu mensukseskan Kalteng Tarang ini," kata Syahril.