Koni Kotawaringin Timur Bertekad Kembalikan Kejayaan Olahraga

id Halikin Noor, Aries Marcorius Narang, Putu Sudarsana, Koni

Koni Kotawaringin Timur Bertekad Kembalikan Kejayaan Olahraga

Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kotawaringin Timur periode 2015-2019 diketuai Halikin Noor dilantik oleh Wakil Ketua I KONI Provinsi Kalimantan Tengah, Aries Marcorius Narang, Senin (18/1). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Komite Olahraga Nasional Indonesia Kabupaten Kotawaringin Timur, bertekad mengembalikan kejayaan prestasi olahraga daerah ini di Provinsi Kalimantan Tengah.

"Beberapa tahun lalu prestasi olahraga Kotim jadi barometer di Kalimantan Tengah. Ini tidak mudah tapi saya yakin bisa. Dalam waktu dekat akan rapat dan menghadirkan dewan penyantun. Misalnya dengan program bapak angkat," kata Ketua Umum KONI Kotawaringin Timur (Kotim) Halikin Noor saat pelantikan pengurus KONI Kabupaten Kotim periode 2015-2019 di Sampit, Senin malam.

Halikin berangan-angan, Kotim memiliki satu atau dua cabang olahraga unggulan yang bisa membawa prestasi nasional bahkan internasional. Peran serta pihak swasta akan dilibatkan dalam pembinaan setiap cabang olahraga.

Saat ini kegiatan yang harus dilakukan adalah persiapan menghadap Pekan Olahraga Provinsi Kalimantan Tengah di Muara Teweh Kabupaten Barito Utara pada 2018 mendatang. Ini pekerjaan berat karena pada ajang serupa sebelumnya, prestasi olahraga Kotim mengalami penurunan pada beberapa cabang.

"Kita juga akan bina kecamatan dan programkan bantuan keuangan untuk KONI kecamatan. Mudah-mudahan ini bisa mendorong peningkatan prestasi kita," harap Halikin.

Wakil Ketua I KONI Provinsi Kalimantan Tengah, Aries Marcorius Narang mendorong KONI Kotawaringin Timur untuk meningkatkan prestasi. Dengan kerja keras, dia yakin target bisa dicapai.

"Saya tahu olahragawan di Kotim ini orangnya hebat sehingga bisa memberikan prestasi. Apalagi, dukungan dana dari pemerintah daerah di sini meningkat dari Rp4 miliar menjadi Rp5 miliar. Perkembangan di daerah juga sangat berpengaruh terhadap olahraga di tingkat provinsi," kata Aries.

Sekretaris Daerah Kotim Putu Sudarsana mengatakan, pemerintah daerah serius dalam mendukung perkembangan olahraga di daerah ini. Selain anggaran yang terus ditingkatkan, fasilitas olahraga juga terus dilengkapi.

"Kita evaluasi mana yang lemah, mari kita sama-sama perbaiki. Untuk pendanaan, kita gandeng perusahaan. Pengurus KONI yang baru harus membuat perencanaan pembinaan dengan serius sehingga kelihatan cabang olahraga potensial unggulan. Pembinaan atlet usia dini juga kita lakukan dengan baik," kata Putu.Â