Yaya Toure Kembali Dipanggil Masuk Timnas Pantai Gading

id yaya toure, pantai gading, piala afrika

Yaya Toure Kembali Dipanggil Masuk Timnas Pantai Gading

Yaya Toure. (istimewa)

Abidjan (Antara/Reuters) - Yaya Toure akan kembali ke sepak bola internasional untuk pertama kalinya setelah lebih dari setahun, setelah dipanggil masuk timnas Pantai Gading untuk pertandingan kualifikasi Piala Afrika mereka melawan Sudan bulan ini.

Gelandang Manchester City berusia 32 tahun itu tidak bermain untuk negaranya sejak menjadi kapten Pantai Gading saat mereka meraih kesuksesan di Piala Afrika pada Februari tahun lalu, melewatkan sejumlah pertandingan kualifikasi untuk putaran final Piala Afrika selanjutnya di Gabon pada 2017, plus awal fase pra penyisihan untuk Piala Dunia 2018.

"Yaya Toure meminta istirahat, dapat dipahami. Ia diberi banyak waktu untuk seleksi dan berharap dapat mengambil nafas," kata pelatih Michel Dussuyer pada wawancara di situs resmi federasi sepak bola Pantai Gading (www.fedivoir.com) pada Kamis.

"Menurut saya ia menggunakan waktu tersebut dengan baik untuk beristirahat dan mencanangkan tujuan-tujuan baru, seperti memenangi gelar Afrika untuk kedua kalinya secara beruntun dan mengincar untuk bermain di Piala Dunia untuk keempat kalinya, yang akan luar biasa dan memperkaya rekornya yang menakjubkan."
   
Max Gradel dari Bournemouth kembali setelah cedera untuk masuk dalam tim berisi 24 pemain untuk dua pertandingan di Abidjan pada 25 Maret dan Khartoum empat hari kemudian, sedangkan bek Sunderland Lamine Kone, mantan pemain internasional Prancis junior, mendapatkan panggilan pertamanya.

Tim ini juga memasukkan bek Paris St Germain (PSG) Serge Aurier, yang diskors oleh sang juara Prancis pada bulan lalu karena melecehkan pelatih Laurent Blanc dan sejumlah rekan setimnya dalam video yang tersebar di internet.

Sejak akhir bulan lalu Aurier telah berlatih bersama tim cadangan PSG.