Saat Selebriti Dunia Memberi Kesan Wisata "Wonderful Indonesia"

id wonderful indoensia, leonardo dicaprio, julia roberts

Saat Selebriti Dunia Memberi Kesan Wisata "Wonderful Indonesia"

Aktris Julia Roberts. (Istimewa)

Jakarta (Antara Kalteng) - Kalangan pesohor alias selebriti dunia kerap melanglang dunia mengunjungi berbagai tempat menarik di jagad bumi ini.
         
Testimoni mereka dalam mengunjungi berbagai tempat kerap menjadi daya tarik dan berpengaruh bagi keterkenalan tempat yang dikunjungi.
         
Baru-baru ini, misalnya, aktor Hollywood Leonardo DiCaprio bersama Adrien Brody dan Fisher Stevens terharu dengan orang utan di Taman Nasional Gunung Leuser Aceh. Aktris Julia Robert "jatuh cinta" di Ubud Bali saat syuting film "Eat Love Pray".
         
Mendiang Lady Diana semasa hidupnya ketika masih bersama suaminya, Pangeran Charles, terpana dengan keindahan Pulau Moyo Sumbawa.
         
Begitu pula Mick Jagger alias "si bibir dower" pentolan grup musik ternama The Rolling Stone terpana di Pulau Moyo Sumbawa.
         
David Becham dan Victoria Becham, termasuk Richard Gere memilih mengunjungi stupa Borobudur, Jawa Tengah. Jennifer Lopez menikmati air terjun Kerta Gangga Lombok Utara.
         
Ada satu artis Hollywood yang menjadi perbincangan di Amerika, karena liburan keluarganya di Bali dan Labuan Bajo yakni Gwyneth Paltrow.
         
Paltrow, aktris terbaik dan peraih Oscar artis lewat film "Shakespeare in Love" dalam wawancara dengan The New York Times edisi Maret lalu menjawab bahwa destinasi liburan favoritnya adalah Indonesia.
         
Ia menceritakan naik kapal kayu dari Bali-Labuan Bajo, menyusuri pulau-pulau cantik, pasir putih, lautan jernih, dan biota laut yang tak ada duanya di dunia.
         
Liburan bersama keluarganya itu dilakukan pada Juni 2013. Diceritakan bahwa Paltrow tinggal di sebuah resort di Bali dan kemudian tidur di kapal kayu selama tiga atau empat malam, dan juga berjalan melintasi Pulau Komodo. Itu adalah perjalanan yang magis.
         
Pemeran Pepper Potts di film Iron Man itu memang sempat menyambangi Bali dan Kepulauan Komodo. Ia datang bersama kedua buah hatinya, Apple dan Moses. Mereka sangat terkesan.
         
Pengalamannya saat menjelajah Bali dan Pulau Komodo kemudian dimasukkan Paltrow ke dalam "website" atau laman gaya hidup pribadinya, Goop.com. Cerita liburan dan foto-fotonya bahkan tak ragu dipajang di http://goop.com/indo-mag/
    
Ia menceritakan bahwa mengunjungi Indonesia adalah impiannya. Ia bisa datang ke Indonesia melalui agen perjalanan yang sangat unik dan menarik bernama Momentum.
         
Konten laman Momentum ternyata sangat bagus dan menarik. Ada seorang ekspatriat bernama Patti yang bisa membuatnya terkesan dengan kunjungannya ke Indonesia.
         
Saat menjelajahi lautan Indonesia, aktris itu berlayar dengan sebuah perahu bernama Silolona. Kapal ini bernuansa tradisional Indonesia dan desain interiornya bernuansa tradisional. Bahkan detail sprei dan sarung bantal kental dengan nuansa etnik.
         
Perahu itu diawaki oleh penduduk Indonesia. Salah satunya bernama Nasir. Silolona, menurut Paltrow berlayar di antara pulau-pulau Indonesia dengan mengambil jalur rempah-rempah di masa lampau.
         
Ia mengaku senang sekali merasakan pengalaman bergandengan tangan di tengah laut yang gelap dan diterangi oleh pendar fosfor dari serangga-serangga.
         
Dari atas kapal, ia melihat binatang purba komodo yang menurutnya tidak begitu menakutkan, berenang bersama kura-kura laut dalam jumlah besar, melihat terumbu karang yang berwarna-warni dan mempelajari resep-resep tradisional.
         
Ini benar-benar petualangan baginya. Dan dia mengaku merasa beruntung menjalaninya. Ritual-ritual yang dilakukan awak kapal sebelum berlayar bagi dia sangat unik. Hal itu juga tak bisa dijumpainya di belahan dunia lain.
         
Gwyneth Paltrow sempat mengunjungi Pulau Banta, di mana dia menghabiskan 20 menit mengambil sampah-sampah yang telah terdampar di pantai. Di antara sampah yang dikumpulkan, ada botol kaca cokelat kecil. Awak kapal kemudian mengajari dia dan anak-anaknya bagaimana untuk mengubahnya menjadi homemade lentera.
         
Setelah jadi lentera, Gwyneth Paltrow mengisi botol dengan minyak tanah dan membuat sumbu buatan sendiri. Dalam laman gaya hidup itu Paltrow mengatakan awak kapal 'menyalakan' pantai dengan menaruh botol-botol yang menyala di bebatuan.
         
Ketakjuban Gwyneth tak berhenti sampai di situ. Saat melihat penduduk Indonesia membuat pajangan dari janur, atau membuat kapal dari kulit jeruk Bali, dia juga mengaku sangat terkesan. Dia bilang orang Indonesia bisa membuat mainan dari apa saja.
         
Kuliner Indonesia juga ikut dikomentari. Sebagai pemerhati masakan, dia mengaku terkesan dengan makanan-makanan segar yang ia temui selama empat hari berada di Indonesia. Baik roti, buah-buahan ataupun sayur-sayuran, dianggapnya sangat lezat. Citarasanya tak bisa dijumpainya di belahan dunia lain.
         
Ia sempat mencoba sate, tahu dan tempe. Seorang "chef" (juru masak) bahkan sempat memberi dia beberapa resep yang ditulis tangan.
        
Aktris kelahiran Placentia, California, Amerika Serikat, 27 September 1972 itu kemudian mengetik resep tadi di websitenya. Ada resep pepes ikan, sambal colo-colo dan tempe manis yang ditulisnya. Semua makanan khas Indonesia.
         
Tempat-tempat yang dikunjungi Gwyneth Paltrow memang punya pemandangan menawan. Keunikannya bahkan sudah tersohor di mata dunia. Bali adalah destinasi wajib sekaligus bisa dibilang terlengkap di Indonesia.
         
Pulau Dewata punya banyak suguhan. Mulai dari pantai, laut, gunung, danau, kuliner, serta budaya dan tradisi masyarakat lokal yang terjaga ratusan tahun lamanya.
         
Sementara Pulau Komodo, punya dinosaurus terakhir di bumi. Spesies ini tidak bisa ditemukan di tempat lain. Taman Nasional Komodo juga tersohor akan keindahan perairannya. Di Pulau Komodo, pengunjung bisa menikmati Pink Beach, pantai landai dengan pasir merah muda akibat koral warna merah yang terdapat di perairannya.
         
Menteri Pariwisata Arief Yahya berterima kasih atas kejujuran artis-artis Hollywood dalam semua testimoni atas "Wonderful Indonesia" itu.
         
Mereka adalah penguat yang punya pengaruh global. Itu akan berpengaruh pada persepsi publik terhadap pariwisata Indonesia.
         
Jadi mengapa harus berwisata jauh-jauh ke negeri orang? Keindahan negeri kita sudah diakui pesohor dunia. Pesona Indonesia adalah pesona dunia.