Jelang Piala Eropa Joachim Loew Enggan Berdebat Soal Schweinsteiger

id Jelang Piala Eropa, Joachim Loew, Enggan Berdebat Soal, Schweinsteiger, ESPN

Jelang Piala Eropa Joachim Loew Enggan Berdebat Soal Schweinsteiger

Pelatih sepak bola nasional Jerman Joachim Loew konferensi pers di Bremen (27/2). (REUTERS / Fabian Bimmer)

Muenchen (Antara Kalteng) - Pelatih kepala Jerman Joachim Loew menyatakan enggan untuk meladeni debat publik seputar kebugaran Bastian Schweinsteiger jelang perhelatan Piala Eropa 2016.

Schweinsteiger yang kini berusia 31 tahun itu baru saja pulih dari cedera. Ia turun di babak kedua membela Jerman ketika mengalahkan Hungaria 2-0 dalam laga pada Sabtu lalu.

Gelandang Manchester United (MU) itu mengatakan besar kemungkinan ia tidak akan diturunkan selama 90 menit penuh ketika Jerman melakoni laga pembukaan melawan Ukraina pada 12 Juni. Hanya saja ia berharap dapat tampil lebih baik lagi untuk mengulang sukses Jerman sebagai juara dunia 2014.

Hanya saja ia kini mamsih dibekap cedera lutut selama persiapan turnamen, sebagaimana dikutip dari laman ESPN.

Debat merebak di Jerman seputar kesiapan Schweinsteiger membela Jerman, Loew, yang untuk kali kelima menjabat sebagai pelatih timnas Jerman, berkata kepada Kicker, "Diskusi publik tidak akan menyentuh atau mempengaruhi keputusan yang telah saya ambil,"

"Menoleh tahun 2008 dan 2010, saya sempat disibukkan dengan opini yang berkembang di luar. Saya sempat terkejut pada 2014 itu. Ada juga begitu banyak isu soal sebelum dan sesudah pemyelenggaraam turnamen itu."

"Salah satu pertanyaan itu seputar peran Philipp Lahm yang seharusnya diturunkan di lini gelandang, padahal ia seharunya bermain sebagai bek kanan atau gelandang."

Lebih lanjut Loew mengatakan, "Saya ingin setiap pemain benar-benar bugar, meski masih diperlukan pemain yang memiliki segudang pengalaman bertanding."

Penerjemah: AA Ariwibowo