Wah, 400 Orang Ramaikan Festival Budaya Dahani Dahani Tuntung Tulus

id barito selatan, festival budaya barsel, dahani dahani tuntung tulus, sekda barsek

Wah, 400 Orang Ramaikan Festival Budaya Dahani Dahani Tuntung Tulus

Sekretaris Daerah Barito Selatan Edi Kristianto. (setda.baritoselatankab.go.id)

Buntok (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengadakan kegiatan festival budaya Dahani Dahani Tuntung Tulus 2016.

"Festival budaya Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini dilaksanakan untuk memeriahkan HUT ke-71 RI dan hari jadi ke-57 Barito Selatan," kata Sekretaris Daerah Barito Selatan (Sekda Barsel) Edi Kristianto di Buntok.

Adapun cabang lomba yang dilaksanakan pada kegiatan festival tersebut diantaranya tarian daerah, bagasing putra dan putri, menyumpit, manombak, manetek, maneweng, sepak sawut.

"Untuk cabang lomba lainnya yakni balogo, lomba besei dan lawang sakepeng," jelas Edi Kristianto.

Sedangkan untuk jumlah peserta yang mengikuti kegiatan lomba pada ivent festival tersebut sebanyak 400 orang yang berasal dari enam kecamatan di wilayah Barito Selatan ini.

"Selain itu juga kita melaksanakan lomba pemilihan putra dan putri Barsel yang diikuti sebanyak 14 peserta dan Barsel Expo 2016," tambah mantan Kepala Dinas PU dan kepala Bappeda Barsel itu.

Menurut dia, festival ini bertujuan untuk meningkatkan promosi serta memasyarakatkan seni budaya dan olahraga tradisional yang ada di kabupaten Barito Selatan ini.

"Dengan adanya festival ini diharapkan seni budaya dan olahraga tradisional Barsel bisa dilestarikan dan bisa dikenal oleh masyarakat secara luas," demikian Edi Kristianto.