Astaga! Pengemis Miliki Modus Gaya Baru?

id Bartio Selatan, Pengemis Miliki Modus Gaya Baru, pengemis,

Astaga! Pengemis Miliki Modus Gaya Baru?

Ilustrasi. Pengemis (ANTARA/Musyawir)

Buntok (Antara Kalteng) - Modus pengemis gaya baru berkeliaran di kota Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah dalam beberapa minggu terakhir ini.

Berdasarkan pantauan Antara, Rabu, pengemis tersebut berkeliaran mendatangi sejumlah kantor dan rumah penduduk meminta belas kasihan dengan dalih mencari pekerjaan untuk memberi makan anak dan ongkos pulang ke kampung halamannya.

Kedua perempuan tersebut berkeliling menggunakan sepeda dan terlihat handphone disaku bajunya itu mendatangi kesejumlah dinas instansi dan rumah penduduk di kota Buntok.

"Saya pernah didatangi dua orang perempuan yang ingin mencari pekerjaan dengan dalih memberi makan anak yang sedang kelaparan dan membayar sewa rumah. Pengemis itu mengaku ditinggal oleh suaminya," kata warga Buntok, Ellya, Rabu.

Menurut dia, pada awalnya salah seorang pengemis datang bertamu, kemudian menceritakan bahwa baru bertemu dengan seorang perempuan dan anaknya sedang kelaparan.

"Perempuan itu berada diluar dan dia malu ingin bertemu,"ujar Ellya menirukan ucapan salah satu pengemis itu.

Menurut dia, setelah dipersilahkan masuk, perempuan tersebut menceritakan ingin mencari pekerjaan karena anaknya belum makan dan diusir lantaran belum bayar sewa rumah.

Pengemis itupun menambahkan, bila mendapat pekerjaan, uangnya digunakan untuk memberi makan anak dan bayar sewa rumah, juga digunakan untuk ongkos pulang ke kampung halamannya di desa Lehai, Kecamatan Dusun Hilir.

"Karena tidak bisa memberikan peluang pekerjaan, saya memberikan uang seadanya kepada mereka berdua. Lantaran curiga saya mencoba mengikutinya dan ternyata dari kejauhan mereka membagikan uang sambil mengompakan tangan,"tambah Ellya.

Di samping menggunakan modus itu, ada juga yang mengedar sumbangan untuk pembangunan rumah ibadah yang berada di pulau Jawa dan Sulawesi maupun di Sumatera.

Oleh karena itu ia mengharapkan kepada dinas atau instansi terkait dapat menertibkan para pengemis yang datang dari luar daerah itu supaya tidak meresahkan warga kota Buntok dan sekitarnya.