Kesadaran Masyarakat Bayar PBB Meningkat, Dispenda Lakukan "Jemput Bola"

id Barito Selatan, Barsel, Buntok, Bayar PBB, Dispenda, Akan Lakukan Jemput Bola

Kesadaran Masyarakat Bayar PBB Meningkat, Dispenda Lakukan "Jemput Bola"

Ilustrasi, (Istimewa)

Dengan pola seperti itu, kita mengharapkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak lebih meningkat lagi kedepannya,"
Buntok (Antara Kalteng) - Kesadaran masyarakat dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah pada tahun 2016 ini meningkat dari tahun sebelumnya, kata Kabid Penagihan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda), Selviriyatmi, di Buntok, Minggu.

Ia mengatakan, sejauh ini kesadaran Wajib Pajak (WP) atas pajak bumi dan bangunan yang membayarkan kewajibannya tersebut pada tahun 2016 ini sudah hampir 80 persen terbayarkan.

Supaya penagihan optimal, lanjut dia, pihaknya akan melakukan penagihan sistem "jemput bola" dengan secara melakukan penagihan ke desa-desa. Jadi tiap desa akan didatangi per wajib pajak oleh petugas pajak dari Dispenda.

"Kami akan menagih langsung ke WP. Diutamakan pajak yang besar terlebih dahulu, seperti perusahaan atau yang berbadan hukum," tambah dia.

Menurut dia, walaupun WP itu sifatnya pribadi, tetapi apabila penghasilannya di atas 500 ribu maka akan tetap dilakukan penagihan dengan cara mengirim surat tagihan kepada yang bersangkutan.

"Dengan pola seperti itu, kita mengharapkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak lebih meningkat lagi kedepannya,"ujar dia.

Karena dari pajak maka pembangunan bisa kita laksanakan dan contoh kongkrit adalah pembangunan jembatan dan jalan, di mana itu dibuat dari pajak yang sudah kita bayarkan selama ini.