Pimpinan Pondok Gontor Datang di Palangka Raya Terima Wakaf Tanah

id pondok modern gontor, alumni pondok modern gontor, IKPM gontor kalteng

Pimpinan Pondok Gontor Datang di Palangka Raya Terima Wakaf Tanah

Pimpinan Pondok Modern Gontor KH Hasan Abdullah Sahal saat menghadiri acara silaturahmi Alumni gontor yang berada di kalteng yang dilaksanakan di hotel luwansa kota Palangka Raya. (Istimewa)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Pimpinan pondok modern Gontor datang dan bersilaturahmi dengan Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Gontor di Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

"Acara dan kegiatan silaturahmi tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu (17/12) malam yang dihadiri oleh pimpinan pondok modern gontor KH Hasan Abdullah Sahal dan dilaksanakan di ballrom Hotel Luwansa jalan G Obos Kota Palangka Raya," kata Ketua IKPM Gontor Kalteng Ahya Ulumiddin.

Dia mengatakan,kehadiran beliau selaku pimpinan pondok dalam rangka silaturahmi dengan keluarga besar alumni Gontor yang ada di Kalteng sekaligus serah terima tanah wakaf yang dari seorang pengusaha sekaligus salah satu alumni yaitu H Asep Sulaeman Sabanda.

Adapun jumlah dan luas tanah wakaf yang diserahkan yaitu seluas 400 hektare yang berada dan berlokasi di Desa Luwuk Kanan Kasongan Kabupaten Katingan, tepatnya berada di jalan Tjilik Riwut km 63 arah menuju Kabupaten Katingan.

Tanah tersebut dibagi menjadi dua bagian diantaranya 300 hektare di wakafkan untuk Yayasan Perguruan Tinggi Darussalam (YPTD) dan yang 100 hektare di wakafkan untuk Yayasan Ahlul Kisaa wal Badr.

Sedangkan yayasan Ahlul Kisaa wal Badr merupakan pondok pesantren yang berada di Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat, yayasan tersebut merupakan pondok yang didirikan oleh para alumni pondok modern gontor.

Adapun peruntukan tanah tersebut masih belum kita ketahui secara pasti, apakah akan didirikan cabang perguruan tinggi atau cabang pondok modern gontor namun yang pastinya diterima terlebih dahulu oleh pimpinan dan pengurus yayasan pondok modern gontor.

"Tanah wakaf itu sudah kami tinjau dan masih berupa hutan yang didalamnya masih banyak terdapat pohon-pohon besar sehingga masih belum dibuka," katanya.

Pihaknya masih belum mengetahui secara pasti apakah baik itu informasi atau wacana nanti kedepannya, tentang fungsi tanah tersebut apakah dijadikan tanah produktif yang artinya digunakan sebagai perkebunan oleh pihak yayasan atau didirikan diatas tanah tersebut pondok baik dari yayasan pondok gontor atau Yayasan Ahlul Kisaa Wal Badr.

"Jadi yang pastinya disini beliau pimpinan pondok modern Gontor menerima tanah wakaf tersebut dan intinya kegiatan dan acara ini berlangsung untuk silaturrahmi dengan para alumni dari pondok modern gontor yang berada di Kalteng," demikian Ahya.