Cuaca Ekstrim, Dinkes Palangka Raya Imbau Masyarakat Waspada Penyebaran DBD!

id Palangka Raya, DBD, Tiur Simatupang, Cuaca Ekstrim, Dinkes Palangka Raya Imbau Masyarakat Waspada Penyebaran DBD

Cuaca Ekstrim, Dinkes Palangka Raya Imbau Masyarakat Waspada Penyebaran DBD!

Keala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Tiur Simatupang (FOTO ANTARA Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya mengimbau warga Ibu Kota Provinsi Kalimantan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit demam berdarah dengue.

"Pada musim hujan sekarang ini perlu mewaspadai penyakit demam berdarah dengue (DBD), apalagi penyakit akibat gigitan nyamuk ini termasuk penyakit endemi," kata Kepala Dinkes Kota Tiur Simatupang di Palangka Raya, Kamis.

Jika penanganan DBD terlambat dilakukan, kata Tiur, dapat mengakibatkan penderitanya meninggal dunia. Oleh karena itu, masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan agar tidak menjadi korban.

Salah satu upaya sederhana dan murah serta dapat dilakukan bersama dalam melakukan pencegahan, lanjut dia, ialah dengan melakukan kegiatan pembersihan lingkungan tempat tinggal, kerja, dan sekolah dari hal-hal yang bisa menjadi sarang nyamuk aedes aegypti penyebar virus penyebab DBD.

Masyarakat, lanjut dia, juga perlu melakukan kegiatan menutup tempat penampungan air bersih, menguras secara rutin tempat penampungan air, dan memberi bubuk pembasmi jentik nyamuk (abate), serta mengubur barang bekas yang dapat menampung air hujan.

Dalam rangka mewaspadai ancaman DBD dan berbagai jenis penyakit lainnya yang biasa mengancam pada setiap musim hujan, salah satu cara yang efektif dengan berperilaku hidup bersih dan sehat.

"PHBS merupakan sekumpulan perilaku yang dipraktikkan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, yang menjadikan seseorang atau keluarga dapat menolong diri sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat," katanya.

Menurut dia, perilaku hidup bersih dan sehat merupakan salah satu pilar utama dan sebagai salah satu strategi paling efektif dalam memastikam masyarakat di "Kota Cantik" ini selalu sehat.

Tiur menegaskan bahwa lingkungan bersih dapat mencegah terbentuknya sarang nyamuk penyebab DBD dan tercemarnya sumber air untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

"Berbagai kegiatan tersebut, lingkungan tempat tinggal dan beraktivitas bisa terhindar dari tempat berkembang biaknya nyamuk penyebab DBD dan diharapkan masyarakat terbebas dari ancaman penyakit tersebut dan penyakit lainnya seperti diare," katanya.