Pemkab Barito Selatan Bentuk Kampung KB

id kampung KB, DPPKBP3A Barsel, Suriadi Kurnain,

Pemkab Barito Selatan Bentuk Kampung KB

Ilustrasi, Keluarga Berencana (Istimewa)

Buntok (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, akan membentuk Kampung Keluarga Berencana di wilayah setempat pada 2017.

"Pembentukan Kampung Keluarga Berencana (KB) itu menunggu petunjuk provinsi," kata Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Barsel, Suriadi Kurnain, Sabtu (13/5) malam.

Sambil menunggu petunjuk tersebut, pihaknya melakukan survei ke desa yang akan dibentuk Kampung Keluarga Berencana tersebut.

Menurut dia, untuk menetapkan Kampung KB itu ada beberapa syarat dan kriteria seperti di daerah pinggiran sungai Barito, tingkat kesertaan KB-nya rendah dan jumlah penduduknya padat.

Jika syarat dan kriterianya memenuhi, maka di situlah nanti akan dibentuk Kampung KB. Pihaknya telah mengantongi tiga desa yang sesuai dengan kriteria itu.

"Tiga desa tersebut, yakni Desa Kalahien, Penda Asam dan Desa Baru, Kecamatan Dusun Selatan," ujar Suriadi Kurnain.

Ia mengharapkan dukungan dari Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) dan bila infrastrukturnya kurang, maka DPU-PR yang turun menanganinya. Begitu juga sanitasi lingkungan air bersihnya harus didukung Dinas Kesehatan.

"Demikian halnya dengan pendidikan, bila Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) belum terbentuk, Dinas Pendidikan yang menanganinya. Itu artinya pembentukan Kampung KB harus mendapat dukungan dari lintas SOPD," kata Suriadi Kurnain.