Ribuan Peserta KBN Kunjungi Petilasan Pahlawan Nasional

id KBN, napak tilas, Pahlawan Nasional, Monumen Tugu Soekarno

Ribuan Peserta KBN Kunjungi Petilasan Pahlawan Nasional

Peserta KBN tengah mengunjungi Monumen Tugu Soekarno yang merupakan lokasi peletakan batu pertama pembangunan Kota Palangka Raya. Selasa (20/7/17). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Sebanyak 1.120 lebih peserta Kemah Budaya Nasional (KBN) 2017 pada Rabu mengunjungi petilasan Pahlawan Nasional Tjilik Riwut di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah.

"Hari ini kami datang ke Kecamatan Bukit Batu bersama 1.120 penggalang terbaik dari seluruh Indonesia termasuk dari mancanegara, yakni Vietnam untuk mengikuti napak tilas Tjilik Riwut," kata Kwarcab Pramuka Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio di Palangka Raya.

Wakil Wali Kota "Kota Cantik" Palangka Raya ini menerangkan, di antara lokasi yang dituju dalam napak tilas dan jelajah budaya tersebut adalah mengunjungi Galeri Resto Tjilik Riwut yang memajang sejumlah benda dan foto-foto Tjilik Riwut.

Selain itu juga mengunjungi Monumen Tugu Soekarno yang merupakan lokasi peletakan batu pertama pembangunan Kota Palangka Raya oleh Presiden Pertama Indonesia, Ir Soekarno.

Kemudian melakukan kunjungan di Museum Balanga yang menyimpan berbagai benda bersejarah milik masyarakat Suku Dayak. Peserta juga diajak mengunjungi Taman Makam Pahlawan Sanaman Lampang.

"Tema napak tilas dan jelajah budaya ini mengedepankan semangat Tijilik Riwut sebagai bapak pembangunan Kalimantan Tengah agar bisa dicontoh bagi penggalang terbaik di Indonesia ini," kata Mofit.

Di antara kegiatan yang dilakukan peserta KBN pada napak tilas dan jelajah budaya, selain melakukan kunjungan juga melakukan "out bond" yang dilaksanakan di Kecamatan Bukit Batu, tepatnya di Taman Wisata Alam Bukit Tangkiling.

Kemudian juga melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Sanaman Lampang.

"Di sini banyak dimakamkan para pejuang kemerdekaan dan pejuang pendiri Kalimantan Tengah. Banyak keteladanan yang harus kita tiru dari para pejuang yang ada di sini," kata Mofit seraya memandangi tugu pahlawan di taman makam tersebut.

Dia berharap melalui rangkaian napak tilas dan jelajah budaya tersebut, peserta KBN lebih mengenal dan mendalami nilai-nilai patriotik sehingga nantinya para generasi muda terbaik bangsa mampu menjaga dan memajukan Indonesia.

Di sisi lain, dia mengatakan, KBN telah dilakukan sekira 30 persen lebih dan berjalan dengan baik sejak hari pembukaan.

Pihaknya berharap hingga akhir kegiatan, seluruh rangkaian acara yang telah terjadwal berjalan lancar. 

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar