Tim medis disiagakan evakuasi rombongan DPRD

id Lima dari 19 orang rombongan napak tilas yang selamat berada di mobil bak terbuka

 Tim medis disiagakan evakuasi rombongan DPRD

Lima dari 19 orang rombongan napak tilas yang selamat berada di mobil bak terbuka di Posko I Pasa Lalang, Padang, Sumbar, Rabu (29/5). (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra) Ist

Evakuasi dilakukan pada Kamis (30/5) pagi...
Padang (ANTARA News) - Tim medis disiagakan untuk evakuasi 21 orang rombongan napak tilas Ketua DPRD Kabupaten Solok, Sumatera Barat yang ditemukan di kawasan Bukit Kumayang, Balimbing, Kecamatan Kuranji, Kota Padang.

"Tim medis disiagakan untuk penjemputan rombongan napak tilas Ketua DPDR Kabupaten Solok yang ditemukan tersebut," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar Ade Edward, di Padang, Kamis.

Menurut dia, rombongan Ketua DPRD Kabupaten Solok tersebut ditemukan pada Rabu (29/5) sore di kawasan Bukit Kumayang, Balimbing, Kecamatan Kuranji, Kota Padang. Mereka ditemukan dalam kondisi selamat.

"Evakuasi dilakukan pada Kamis (30/5) pagi hari mengingat kondisi fisik dan juga medan yang berat, agar penyelamatan dapat berjalan lancar," ujar dia.

Ade Edwar mengatakan, rombongan akan dievakuasi ke Kota Padang. Ia juga mengatakan, mereka yang ditemukan rata-rata kekurangan bahan makanan. "Namun hanya enam orang yang mengalami kelelahan berat, sementara 15 orang lagi masih bisa berjalan," jelas dia.

Dia mengatakan, Tim SAR gabungan sekarang masih berada di kawasan hutan Bukit Kumayan, diperkirakan Kamis (30/5) siang sampai ke Posko.

"Jalur evakuasi yang cukup jauh melewati bukit yang terjal, tim SAR gabung perlu kerja hati-hati untuk membawa rombongan Ketua DPRD Kabupaten Solok ke Posko yang ada di Padang,"kata dia.

Dia menambahkan, berdasarkan keterangan dari peserta napak tilas, rombongan berangkat dari dari Nagari Koto Sani, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok pada Sabtu (25/5) pagi berjumlah 40 orang.

Sementara itu Kepala Markas PMI Daerah Sumatera Barat Hidayat Irwan, mengatakan PMI menurunkan sebanyak 20 tenaga relawan termasuk tenaga medis untuk ikut evakuasi rombongan napak tilas Ketua DPRD Kabupaten Solok.

Berdasarkan data yang dihimpun Antara di Posko pencarian di kawasan Lalang Pasa Lalang, Belimbing Kecamatan Kuranji Kota Padang rombongan berhasil ditemukan pada Rabu (29/5) sore yakni Ketua DPRD Kabupaten Solok Syafri Dt Siri Marajo, Ajudan Ketua DPRD Pen, Dedi, Jul, Aseng, Dasril, Wen, Basri, Syafri Pono Intan, Anton, Peri, Raf, Andi, Andika, Dika, Poiri, Af Poni Marajo, Ed Kasiak, Ed Gondo sutan, dan Rodis.

Sebelumnya Tim SAR berhasil menemukan 19 orang rombongan Ketua DPRD Kabupaten Solok pada Selasa (28/5) sekitar pukul 10.30 WIB tiba di posko pencarian di kawasan Lalang Pasa Lalang, Belimbing Kecamatan Kuranji Kota Padang pukul 12.00 WIB.