BPBD Imbau Warga Waspadai Hujan - Angin Disertai Petir

id BPBD Kota Palangka Raya, Supriyanto, hujan lebat

BPBD Imbau Warga Waspadai Hujan - Angin Disertai Petir

Plt Kepala BPBD Palangka Raya, Supriyanto. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya mengimbau masyarakat di wilayah Kota Palangka Raya untuk mewaspadai potensi hujan lebat disertai angin kencang dan sambaran petir.

"Berdasar pernyataan BMKG, saat ini wilayah Kalimantan Tengah sudah memasuki musim hujan dan berpotensi untuk terjadi hujan lebat yang disertai angin kencang dan sambaran petir. Ini yang harus diwaspadai warga Palangka Raya," kata Plt BPBD Kota Palangka Raya, Supriyanto, Rabu.

Dia menerangkan, diantara tanda-tanda turunnya hujan lebat disertai angin dan petir, maka sebelum itu akan terlihat awan hitam di langit disertai hembusan angin yang terus bertambah kencang.

Jika melihat tanda-tanda tersebut, masyarakat diimbau untuk menjauhi pohon-pohon besar maupun papan-papan reklame karena dikhawatirkan akan tumbang tertiup angin maupun tersambar petir.

Pihak BPBD Palangka Raya mengimbau warga terutama yang tinggal di daerah aliran sungai untuk mewaspadai naiknya debit air pada musim hujan.

"Saat ini wilayah kita dan sejumlah daerah di Kalimantan Tengah yang menjadi hulu sungai besar yang melintasi kota kita juga masuk musim hujan. Untuk itu kami ingatkan agar warga kita yang berada di daerah aliran sungai mewaspadai tinggi muka air yang dapat berubah sewaktu-waktu," katanya.

Pihaknya juga terus melakukan pemantauan khususnya di tiga lokasi yakni di Kelurahan Petuk Ketimpun, Pahandut Seberang dan Kelurahan Kereng bangkirai untuk mengetahui perubahan tinggi air sungai.

Supriyanto pun mengajak warga di Kota Palangka Raya untuk bergotong-royong memastikan saluran drainase tidak dangkal dan tersumbat sampah yang menjadi penyebab banjir.