Mantap! Pemkab Usulkan Pembangunan PLTMH di Pedalaman Seruyan

id Bupati Seruyan, Sudarsono, Pembangunan PLTMH

Mantap! Pemkab Usulkan Pembangunan PLTMH di Pedalaman Seruyan

Sungai di Kecamatan Suling Tambun yang potensial dikembangkan sebagai PLTMH, serta PLTMH Tumbang Langkai Kecamatan Suling Tambun yang sudah dibangun dan dapat beroperasi dengan baik untuk menyuplai kebutuhan listrik masyarakat sekitar.

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, akan mengusulkan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro di sejumlah desa ke Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Bupati Seruyan Sudarsono di Kuala Pembuang, Rabu, mengatakan, ada enam desa di Kecamatan Seruyan Hulu dan Kecamatan Suling Tambun yang potensial dibangun PLTMH dan akan diusulkan ke pemerintah pusat.

"Untuk studi kelayakan sudah dilengkapi sehingga dapat segera kita ajukan ke pemerintah pusat," katanya.

Ia menjelaskan, berdasarkan hasil studi kelayakan, potensi PLTMH yang diusulkan sama dengan PLTMH di Desa Pangke Kecamatan Seruyan Tengah yang mampu menghasilkan listrik dengan kapasitas 40 kilovolt amphere (KVA).

"Kita berharap pengajuan ini dapat direalisasikan oleh pemerintah pusat, sehingga dengan adanya realisasi tersebut dapat membantu pemerintah dalam mengatasi masalah listrik di daerah-daerah hulu yang belum terjangkau PLN," katanya.

Menurutnya, wilayah Seruyan yang memiliki banyak sungai, khususnya di daerah hulu sangat berpotensi untuk dikembangkannya proyek PLTMH. Selain itu, pembangunan PLTMH dapat menjadi alternatif untuk mengentaskan krisis listrik di banyak wilayah Seruyan yang memang sulit dijangkau jaringan PLN.



Kemudian, sejauh ini beberapa PLTMH yang sebelumnya sudah dibangun di daerah hulu Seruyan seperti PLTMH Desa Pangke Kecamatan Seruyan Tengah dan PLTMH Desa Tumbang Langkai Kecamatan Suling Tambun dapat berfungsi dengan baik meskipun sempat beberapa kali mengalami masalah jaringan.

"Semua PLTMH sudah beroperasi dengan baik untuk menunjang aktivitas sehari-hari masyarakat, dan apabila PLTMH benar-benar dibangun atau dikembangkan maka masalah listrik dapat diatasi, khususnya untuk kebutuhan listrik seluruh masyarakat yang ada di desa sekitar PLTMH," katanya.