Tahun 2017 Tercatat 1.920 Pencaker di Bartim

id disnakertrans bartim, darius adrian

Tahun 2017 Tercatat 1.920 Pencaker di Bartim

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Barito Timur, Drs Darius Adrian (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - Sepanjang tahun 2017 sebanyak 1.920 orang tercatat sebagai pencari kerja (Pencaker) di Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah. 

"Data tersebut merupakan data per 31 Desember 2017. Tercatat ada 1.920 orang pencaker di Bartim," kata Kadisnakertrans Bartim Drs Darius Adrian, Senin. 

Menurut Darius, Disnakertrans merekrut tenaga kerja sebagaimana Undang Undang nomor 3 tahun 2013 tentang tenaga kerja. 

Rekrutmen tenaga kerja juga bisa dilakukan langsung oleh pihak perusahaan yang akan dilaporkan kembali ke Disnakertrans Bartim. 

Disnakertrans merekrut tenaga kerja dengan melaksanakan mekanisme seleksi seperti administrasi, pemberkasan, tes akademik, psikotes dan wawancara.  

Data pencaker atau pemegang kartu kuning akan disampaikan kepada pihak perusahaan yang mencari tenaga kerja sebagaimana kebutuhan kerja baik mempunyai skill atau non-skill. 

Setelah diterima, pencaker diharapkan berkordinasi terkait surat perjanjian kerja agar dikemudian hari tidak ada permasalahan. 

"Hal ini telah kita laksanakan dan tahun ini akan dilaksanakan pula," terang Darius. 

Dari data 1.920 orang pencaker, ada lima perusahaan yang telah melaporkan diantaranya PT Pama Persada sebanyak 2 orang, PT Sapta Indra Sejati sebanyak 35 orang, PT Indopenta Prima Service sebanyak 12 orang.  

Sedangkan perusahaan yang melaksanakan perekrutan karyawan per Januari 2018 baru satu, yakni PT Demitra. 

"Kami mengharapkan pihak perusahaan aktif memberitahukan berapa jumlah pencaker yang diterima. Demikian pula, pencaker diharapkan melaporkan diri setelah diterima menjadi tenaga kerja di salah satu perusahaan," kata Darius.