Bupati Ben Hadiri "Mamapas Lewu" di Kapuas Barat

id Bupati Kapuas, Ben Brahim, Mamapas Lewu, kapuas barat

Bupati Ben Hadiri "Mamapas Lewu" di Kapuas Barat

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat (tengah) saat menyaksikan acara ngarunya saat mamapas lewu di Kecamatan Kapuas Barat, Senin (8/1/18). (Foto Antara Kalteng/Ahmad Effendi)

Kuala Kapuas (Antaranews Kalteng) - Berharap mendapat ketentraman dan terhindar dari musibah, warga Desa Anjir Kalampan Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas, Kalteng, menggelar kegiatan Mamapas Lewu (Bersih Kampung) yang dihadiri langsung oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, Senin.

"Kegiatan mamapas lewu adalah sebuah kegiatan yang harus diketahui oleh  generasi berikutnya dan kepada seluruh pemangku adat untuk mendidik anak-anak supaya tahu tentang arti dan makna dari pelaksanaan Mamapas Lewu," kata Ben Brahim.

Orang nomor satu di daerah ini sangat mengapresiasi atas inisiatif warga setempat yang melaksanakan kegiatan adat mamapas lewu tersebut. 

"Saya sangat menghargai atas inisiatif warga disini dalam melaksanakan bersih kampung demi ketentraman masyarakat," ucapnya.

Dikesempatan itu, Ben juga menyampaikan tekadnya untuk terus fokus pada pembangunan infraatruktur dan meminta kepada semua pihak agar selalu menjaga kebersamaan, talisilaturahim serta ikatan kekeluargaan tanpa membedakan suku, agama, ras dan golongan.

Sementara Ketua Panitia Supiyadi dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan Mamapas Lewu bertujuan sesuai dengan niat masing-masing saat dilakukan doa lintas agama. Ia juga menerangkan bahwa pelaksanaan Mamapas Lewu itu sesuai kepercayaan leluhur,  yang  akan dilaksanakan oleh sejumlah petugas ritual.

Mamapas lewu yang mengundang lima basir sebagai pelaksana ritual secara adat itu disaksikan langsung oleh Bupati Kapuas dan dihadiri pula Ketua DAD Kapuas Talinting E Toepak serta anggota DPRD hingga sejumlah Kepala SOPD.