Pemkab Kapuas berikan 40 klotok dan alat tangkap ikan kepada nelayan

id Kapuas,bantuan 40 kelotok ,nelayan kapuas,pemkab kapuas

Pemkab Kapuas berikan 40 klotok dan alat tangkap ikan kepada nelayan

Kepala Dinas Perikanan dan kelautan Kabupaten Kapuas Darmawan (Foto Antara Kalteng/Ahmad Effendi)

Kuala Kapuas (AntaraNews Kalteng) - Pemerintah daerah Kabupaten  Kapuas melalui program pemberdayaan nelayan akan memberikan sebanyak 40 klotok (perahu motor) lengkap dengan alat penangkap ikan kepada kelompok nelayan di empat Kecamatan yang ada di daerah itu.

Ke empat Kecamatan itu adalah Kecamatan Kapuas Kuala, Pulau Petak, Kapuas Barat dan Mantangai. 

"Bantuan klotok lengkap dengan mesin dan alat tangkap ikan ramah lingkungan ini diserahkan kepada nelayan diwilayah pasang surut," kata Kepala dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kapuas, Darmawan, Senin.

Dermawan mengatakan, para nelayan tersebut tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB) Perikanan Tangkap yang untuk mendapatkan bantuan prosesnya melalui proposal yang diajukan ke pemerintah. 

Darmawan juga menyebutkan bahwa pihaknya tidak asal comot saja siapa yang jadi penerima bantuan, karena setelah mendapat proposal akan dilakukan kros cek ke lapangan satu persatu guna menghindari KUB yang fiktif.

"Semoga bantuan ini nantinya dapat dipelihara dan dimanfaatkan dengan baik oleh para nelayan guna meningkatkan pendapatan mereka," harapnya.

Ditambahkanya bahwa alat tangkap jaring yang diberikan adalah alat yang ramah lingkungan menggantikan alat tangkap sebelumnya yang sudah dilarang penggunaannya. 

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar