Ditinggal pergi ke warung, rumah nyaris terbakar habis di Desa Gohong

id pulpis,kebakaran desa gohong pulpis,damkar pulpis

Ditinggal pergi ke warung, rumah nyaris terbakar habis di Desa Gohong

Kabid Damkar BPBD, Marto memeriksa lokasi kebakaran rumah di Desa Gohong Kecamatan KahayanHilir. (Foto BPBD Pulang Pisau)

Pulang Pisau (Antaranews Kalteng) - Satu rumah di Jalan Trans Kalimantan Desa Gohong Kecamatan Kahayan Hilir, Senin (12/3/18) sekitar Pukul 13.40 WIB hampir ludes terbakar saat ditinggal oleh pemilik rumah Iramaya (37) ke warung.

Pemilik rumah tidak mengetahui bahwa rumah yang ditinggal tersebut terbakar yang diduga akibat kompor gas.

Ketika asyik mengobrol di warung, Melsiana pemilik warung melihat kepulan asap keluar dari rumah yang tidak jauh dari warungnya itu langsung berteriak dan meminta tolong dengan masyarakat sekitarnya.

Beruntung petugas Damkar langsung turun ke lokasi dengan cepat memadamkan api. Meski tidak membakar seluruh isi rumah, api sempat membakar dinding rumah yang sebagian terbuat dari kayu itu.

Kabid Pemadam Kebakaran (Damkar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pulang Pisau, Marto mengungkapkan setelah menerima informasi, petugas langsung diturunkan. 

Kondisi medan yang masih bisa dijangkau kendaraan Damkar, membuat pemadaman bisa berjalan dengan cepat dengan dibantu dengan warga sekitar.

"Namun sebagian rumah terbakar dan api diduga berasal dari kompor gas," terang Marto.

Sebanyak delapan petugas Damkar dan 3 TRC diturunkan untuk membantu pemadaman rumah warga di Desa tersebut .

Ia juga mengingatkan agar masyarakat berhati-hati apabila meninggalkan rumah dalam keadaan kosong agar kejadian serupa tidak terulang. Sebelum meninggalkan rumah, periksa kembali peralatan yang bisa memicu terjadinya kebakaran.