Lagi, pemkab Kotim gelar lelang jabatan

id lelang jabatan di kotim,pemkab Kotim gelar lelang jabatan,Sekda kotim Halikinnor

Lagi, pemkab Kotim gelar lelang jabatan

Sejumlah pejabat mengikuti lelang jabatan Sekretaris Daerah Kotim, tahun lalu. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah kembali menggelar seleksi terbuka atau lelang jabatan untuk mengisi jabatan yang kosong dan penyegaran untuk peningkatan kinerja.

"Untuk eselon II diusulkan ada enam jabatan yang akan dilelang. Ada empat yang sudah disetujui, sedangkan dua jabatan masih diproses," kata Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur Halikinnor di Sampit, Kamis.

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur sudah dua kali melakukan lelang jabatan pada 2017. Lelang jabatan pertama untuk eselon II, sedangkan lelang jabatan kedua adalah lelang jabatan Sekretaris Daerah. Jika lelang jabatan ini jadi dilaksanakan, maka ini merupakan ketigakalinya.

Halikinnor belum menyebut enam jabatan eselon II yang akan dilelang. Namun dia membenarkan bahwa sebagian besar untuk mengisi jabatan yang kosong karena pejabat sebelumnya sudah atau akan pensiun.

Persiapan terus dilakukan oleh tim yang dibentuk. Setiap pejabat yang memenuhi syarat, dipersilakan mengikuti seleksi karena setiap peserta memiliki peluang yang sama.

"Panitia seleksi sudah dibentuk. Kalau semua sudah disetujui, kami berharap pertengahan atau akhir April ini lelang jabatan sudah diumumkan," kata Halikinnor.

Mutasi jabatan dibutuhkan untuk promosi dan penyegaran. Tujuannya agar kinerja pemerintah daerah secara keseluruhan terus meningkat, khususnya dalam pelayanan kepada masyarakat.

Khusus untuk jabatan yang kosong, pengisian pejabat definitif wajib dilakukan agar jalannya pemerintahan lebih baik. Selain itu, diperlukan pula pergantian pimpinan satuan organisasi perangkat daerah agar lebih optimal, dengan merujuk pada hasil evaluasi yang dilakukan secara internal pemerintah daerah.

Halikinnor meyakinkan bahwa seleksi terbuka atau lelang jabatan tersebut akan dilaksanakan sesuai aturan. Keseriusan dan kemampuan peserta saat seleksi, akan sangat menentukan hasil yang diperoleh nantinya.

Berdasarkan data, pejabat yang sudah akan memasuki masa pensiun di antaranya Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Burhanudin, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kusdinata serta Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sugian Noor.

Sementara itu, sejumlah jabatan pimpinan satuan organisasi perangkat daerah saat ini masih dijabat seorang pelaksana tugas, yakni jabatan kepala Satuan Polisi Pamong Praja, kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, serta kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian.