DPRD Barsel imbau pedagang tak jual ikan kaleng mengandung cacing

id DPRD Barsel,ikan makarel,Hasanuddin Agani,Wakil Ketua DPRD Barito Selatan, H. Hasanuddin Agani

DPRD Barsel imbau pedagang tak jual ikan kaleng mengandung cacing

Wakil Ketua DPRD Barito Selatan, H. Hasanuddin Agani. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Kita juga mengimbau kepada instansi terkait agar terus melakukan sosialisasi, dan melakukan penertiban terhadap 27 produk makanan ikan kaleng tersebut di toko-toko di daerah ini
Buntok (Antaranews Kalteng) - DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah, mengharapkan kepada para pedagang di wilayah setempat agar tidak menjual produk ikan kaleng yang mengandung parasit cacing.

"Kita mengimbau kepada para pedagang agar tidak menjual ikan kaleng yang mengandung parasit cacing," kata Wakil Ketua DPRD Barito Selatan, H. Hasanuddin Agani, di Buntok, Senin.

Karena lanjut dia, berdasarkan informasi dari Badan Pengawas Obat, dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia, ada sebanyak 27 produk makanan ikan kaleng yang positif mengandung parasit cacing.

"Kita juga mengimbau kepada instansi terkait agar terus melakukan sosialisasi, dan melakukan penertiban terhadap 27 produk makanan ikan kaleng tersebut di toko-toko di daerah ini," kata politisi dari Partai Golongan Karya (Golkar) Barsel itu.

Hal tersebut kata dia, agar produk-produk makanan kaleng ikan makarel yang ditemukan mengandung parasit cacing tersebut tidak dipajang pada etalase toko.

Sementara Kabid Perdagangan pada Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Barsel, Junaidi menyampaikan, pihaknya bersama Dinas Kesehatan, dan Kepolisian beberapa waktu lalu telah melaksanakan pemantauan terhadap 27 produk tersebut.

Berdasarkan hasil pemantauan dilapangan, pihaknya menemukan produk makanan ikan kaleng yang mengandung parasit cacing, dan makanan kadaluarsa yang masih dipajang dietalase toko.

"Produk makanan ikan kaleng, maupun makanan lainnya yang sudah kadaluarsa itu, kita masukan kedalam kotak, dan disegel agar para pedagang tidak menjual produk itu lagi," ujar Kabid Perdagangan pada Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Barito Selatan itu.

Pihaknya juga menempelkan didepan sejumlah toko untuk memberitahukan mengenai jenis produk makanan ikan kaleng yang mengandung parasit cacing.

Adapun 27 jenis produk makanan yang mengandung parasit cacing itu yakni produk ABC ikan makarel saus tomat, ikan makarel saus ekstra pedas, dan ikan makarel saus cabai.

Kemudian lanjut dia, ABT ikan makarel saus tomat, ayam brand ikan makarel saus tomat, dan ikan makarel goreng, Botan jenis ikan makarel, Cip ikan makarel, Dongwon ikan makarel larutan garam. Dr Fish ikan makarel saus tomat.

Farmerjack jenis ikan makarel saus tomat, Fiesta Seafood jenis ikan makarel saus tomat, ikan makarel saus cabai, dan ikan makarel saus balado. Gaga jenis ikan makarel dalam saus tomat, dan cabe.

Produk manakan Hoki jenis ikan makarel saus tomat, Hosen ikan makarel saus tomat, IO ikan makarel saus tomat, Jojo ikan makarel saus tomat. King`s Fisher ikan makarel saus tomat. LSC ikan makarel saus tomat.

Produk makanan Maya ikan makarel saus tomat, dan ikan makarel saus cabai, produk makanan Nago/Nagos ikan makarel saus tomat. Naraya ikan makarel saus tomat, Pesca ikan makarel saus tomat.

Produk makanan Phong Sung ikan makarel saus tomat, Pronas. Ikan makarel. Saus pedas, dan ikan makarel saus tomat. Ranesa ikan makarel saus tomat, dan makarel saus cabai. S&W ikan makarel dalam larutan garam.

Sempio ikan makarel dalam kaleng, dan ikan makarel larutan garam, Produk makanan TLC ikan makarel dalam saus tomat, dan TSC ikan makarel dalam saus tomat.