Anggota DPR dukung Polda Kalteng naik tipe A

id Rahmat Nasuiton Hamka,DPR RI,Polda Kalteng,Kepolisian Kalteng

Anggota DPR dukung Polda Kalteng naik tipe A

Anggota Komisi IV DPR RI, Rahmat Nasution Hamka (Foto Antara Kalteng/Adi Wibowo)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Anggota Komisi IV DPR RI, Rahmat Nasution Hamka menyatakan sangat mendukung Polda Kalteng untuk dinaikan tipenya dari tipe B menjadi tipe A. Hal itu dalam rangka melakukan peningkatan sumber daya manusia dan pelayanan yang ada di Polda setempat.

"Kami harapkan apabila Menpan-RB mengabulkan usulan Polda Kalteng, tentunya sejumlah pelayanan yang diberikan oleh lembaga kepolisian tersebut akan menjadi lebih baik dari sebelum-sebelumnya serta mempermudah urusan masyarakat yang membutuhkan pelayanan polisi," kata Rahmat Hamka Nasution, di Palangka Raya, Rabu.

Hamka mengatakan, bukti bahwa Polda Kalteng telah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, salah satunya contohnya adalah aplikasi penerimaan calon bintara Polri yang pendaftarannya dapat menggunakan sistem online melalui aplikasi android yang dibuat oleh Biro SDM Polda setempat.

Tidak hanya itu, dalam waktu dekat, Polda Kalteng juga akan meluncurkan sebuah aplikasi bagi masyarakat yang ingin melapor apabila ada kejadian yang terjadi di wilayah hukum Bumi Tambun Bungai tersebut.

"Sistem aplikasi android yang sudah dibuat oleh pihak jajaran Polda Kalteng itu tentunya cukup memudahkan masyarakat  dalam mendapatkan atau menyampaikan informasi. Salah satunya seperti informasi pembuatan SIM, pembayaran Pajak kendaraan bermotor dan lain sebagainya, dengan menggunakan sistem daring," ucapnya.

Ia secara pribadi menilai, inovasi yang dilakukan Polda Kalteng tentunya wajib didukung dengan infrastruktur serta dibantu oleh pemerintah daerah setempat. Salah satunya adalah infrastruktur jaringan internet wajib ada di setiap kabupaten/kota yang ada di Kalteng agar tidak menjadi kendala dalam memberikan pelayanan.

Baca: Kenaikan tipe Polda Kalteng ditentukan akhir April

Dalam waktu dekat ini, politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan tersebut berencana berkomunikasi dengan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran untuk berdiskusi dalam rangka memberikan dukungan terhadap peningkatan pelayanan di setiap kabupaten/kota yang ada di Provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai dan Bumi Pancasila itu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan, penilaian kenaikan tipe Polda Kalteng tidak hanya dari sistem pelayanan yang diberikan aparat kepolisian kepada masyarakat saja. Melainkan meningkatnya tindak kejahatan yang sudah berskala nasional sering terjadi di wilayah hukum Polda Kalteng.

Oleh sebab itu usulan naik tipe terus dilakukan pihak Polda Kalteng agar usulan tersebut segera dikabulkan. Apalagi mengingat pembangunan infrastruktur di provinsi semakin maju setiap tahun dan terus berkembang, bahkan jumlah penduduknya juga terus bertambah. Beberapa hal itu yang menjadi indikator Polda setempat untuk dinaikkan tipenya.