Unik, Pasar Kuliner Ramadhan dibuka lebih awal

id Unik Pasar Kuliner Ramadhan dibuka lebih awal,Pasar Ramadhan,Bupati Kotim,Supian Hadi

Bupati Kotim H Supian Hadi memukul bedug tanda dibukanya Pasar Kuliner Ramadhan di Taman Kota Sampit, Rabu (16/5/2018). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara) - Awal Ramadhan 1439 Hijriah dimulai Kamis (17/5), namun Pasar Ramadhan di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, dimulai lebih awal yakni pada Rabu sore.

"Kita buka hari ini supaya pedagang yang berjualan besok lebih nyaman. Kita ini menyambut Ramadhan, makanya dibuka lebih awal," kata Bupati H Supian Hadi di Sampit, Rabu.

Seperti tahun lalu, Pasar Ramadhan dilaksanakan di area parkir Selatan Taman Kota Sampit Jalan MT Haryono Sampit. Acara pembukaan diisi dengan penyerahan bantuan untuk sejumlah panti asuhan.

Pelaksanaan Pasar Ramadhan tahun ini sedikit berbeda dibanding tahun lalu karena pembukaan dilaksanakan satu hari lebih awal. Biasanya, pembukaan Pasar Ramadhan dilaksanakan pada hari pertama bulan suci Ramadhan.

Pembukaan yang lebih awal tersebut, membuat banyak pedagang yang belum siap. Akibatnya, lapak-lapak dagangan di Pasar Ramadhan masih sedikit terisi. Namun mereka beruntung, karena Supian secara spontan memberi bonus kepada pedagang yang sudah berjualan karena ikut memeriahkan pembukaan.

Supian meminta panitia membuat terobosan kreatif agar Pasar Ramadhan selalu ramai pengunjung. Pasar Ramadhan harus dikemas menarik agar bisa menjadi destinasi wisata kuliner.

"Selain di Taman Kota Sampit ini kan ada juga Pasar Ramadhan di lokasi lain. Tapi kalau di sini selalu kegiatan menarik maka orang akan selalu ke sini sambil berbelanja," kata Supian.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kotawaringin Timur, Heru Rio Wibisono mengatakan, pihaknya mendirikan 40 tenda berukuran 3x3 meter. Tenda-tenda itu menampung 80 meja atau lapak untuk 80 pedagang.

"Animo masyarakat berbelanja di Pasar Ramadhan cukup tinggi untuk menyiapkan kebutuhan berbuka puasa dan sahur. Pedagang juga bersemangat untuk berjualan di sini," kata Heru.

Sementara itu, selain Pasar Ramadhan, tahun ini juga berdiri belasan tendak di seputaran Taman Kota Sampit. Belum diketahui jenis dagangan apa yang akan dijual di tenda-tenda itu karena baru akan dibuka Kamis sore.

Pewarta :
Editor: Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar